Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samoura, Sekretaris Jenderal Wanita Pertama di FIFA

Kompas.com - 14/05/2016, 08:33 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber FIFA

MEXICO CITY, KOMPAS.com - FIFA secara resmi telah menunjuk Fatma Samba Diouf Samoura sebagai Sekretaris Jenderal, pada Kongres ke-66 FIFA di Mexico City, Jumat (13/5/2016). Samoura menjadi wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Samoura, 54 tahun, merupakan pejabat senior Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berasal dari Senegal. Ia telah mengabdi untuk PBB selama 21 tahun.

Kini, Samoura bertugas sebagai Koordinator Kemanusiaan dan perwakilan Badan Program Pembangunan PBB (UNDP) di Nigeria.

"Samoura adalah seorang wanita yang memiliki pengalaman internasional dan telah bekerja pada sejumlah persoalan paling menantang," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Samoura akan memulai perannya sebagai Sekretaris Jenderal FIFA pada pertengahan Juni 2016, setelah menjalani tes kelayakan.

"Sangat penting bagi FIFA untuk menggabungkan perspektif baru, karena kami terus berupaya memulihkan dan membangun kembali organisasi ini. Kami sangat gembira bahwa Samoura bergabung dengan tim kami," ucap Infantino.


Selain fasih berbahasa Inggris, Samoura diketahui juga mampu berbicara dalam bahasa Perancis, Inggris, Spanyol, dan Italia.

Dia tak hanya memegang predikat sebagai wanita pertama yang menjadi Sekretaris Jenderal FIFA, tetapi juga merupakan sosok non-Eropa yang sukses menduduki jabatan tersebut.

"Ini adalah hari yang indah bagi saya. Saya merasa terhormat bisa mengambil peran sebagai Sekretaris Jenderal FIFA," kata Samoura.

Samoura akan menggantikan Sekretaris Jenderal FIFA sebelumnya, Jerome Valcke, yang dipecat pada tahun lalu karena terlibat kasus korupsi.

Dalam perannya sebagai pejabat PBB di Nigeria, Samoura mengemban tugas yang tak mudah. Ia melakukan pemantauan dan mengevaluasi keamanan, politik, sosial, dan ekonomi di Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com