Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Nilai Jual, Madrid Berada di Posisi Tertinggi

Kompas.com - 18/07/2015, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Real Madrid mempertahankan posisi sebagai klub paling bernilai jual berdasarkan analisis Forbes, Kamis (16/7/2015). 

Untuk kali ketiga beruntun, Madrid berada di posisi tertinggi World’s Most Valuable Sports Teams. Nilai jual Madrid mencapai 3,26 miliar dolar AS atau sekitar Rp 43,5 triliun! 

Madrid unggul tipis atas klub American Footbal (NFL), Dallas Cowboys, dan klub bisbol (MLB), New York Yankees, yang berada di posisi kedua dan ketiga dengan nilai jual 3,2 miliar dolar AS. 

Tahun lalu, posisi kedua dan ketiga diisi oleh Barcelona dan Manchester United. Namun, dua klub teras Eropa itu mengalami penurunan peringkat. Barcelona berada di peringkat keempat dengan nilai jual 3,16 miliar dolar AS, MU di posisi kelima dengan nilai 3,1 miliar dolar AS. 

Kendati mengalami penurunan peringkat, bukan berarti Barcelona dan MU mengalami penurunan nilai jual. Sebaliknya, Forbes menilai bahwa telah terjadi peningkatan rata-rata nilai jual klub-klub olahraga di dunia sebesar 31 persen dibandingkan dengan daftar tahun lalu. 

Penyebab peningkatan nilai jual klub amat beragam, mulai dari penyertaan modal oleh pemilik maupun kontrak komersial dengan stasiun televisi. 

Berbeda dengan sejumlah klub, Madrid justru mengalami penurunan nilai jual dibandingkan tahun lalu sebesar 5 persen. Status Madrid sebagai pemuncak klasemen untuk tahun depan juga amat diragukan. Selain perbedaan tipis dengan tim 5 besar lain, Madrid juga kesulitan dalam usaha mengembangkan Stadion Santiago Bernabeu. 

Secara keseluruhan, klub NFL mendominasi daftar 50 besar klub paling bernilai jual versi Forbes, 20 tim, disusul 12 klub MLB. Sementara itu, sepak bola hanya menyertakan 7 klub.  

Daftar 10 tim paling bernilai jual 2015 (dalam miliar dolar AS): 

  • Real Madrid (3,26) 
  • Dallas Cowboys (3,2) 
  • New York Yankees (3,2) 
  • Barcelona (3,16) 
  • Man United (3,1) 
  • Los Angeles Lakers (2,6) 
  • New England Patriots (2,6) 
  • New York Knicks (2,5) 
  • Los Angeles Dogers (2,4)
  • Washington Redskins (2,4)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com