Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Persipura Puas meski Bermain Imbang

Kompas.com - 14/04/2015, 22:09 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Pelatih Persipura Jayapura, Oswaldo Lessa mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya saat menghadapi tim tamu, Maziya Sports & Recreation (S&R) pada laga penyisihan Grup E Piala AFC di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (14/4/2015).

Walau berakhir seri tanpa gol, tetapi Lessa senang karena anak asuhnya menampilkan permainan tim yang menjadi ciri Persipura. Mutiara Hitam melakukan permainan bola pendek, cepat dari kaki ke kaki dan mampu tampil dominan menguasai pertandingan serta menciptakan banyak peluang.

"Dari statistik pertandingan terlihat pemain kami lebih dominan dengan penguasaan bola sebanyak 69 persen, melepas 30 tendangan ke arah gawang, dan 15 di antaranya tepat mengarah ke gawang," ungkap Lessa dalam jumpa pers di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (14/4).

Menurut pelatih yang akrab dipanggil "Profesor" oleh para pemain Persipura, kegagalan timnya mencetak gol karena taktik bertahan yang diperagakan tim asal Maladewa dengan menempatkan hampir seluruh pemain di daerah pertahanan.

"Mereka menempatkan 10 pemain di belakang dan menyisakan Pablo Rodriguez di depan. Ini akan menjadi pelajaran bagi anak-anak Persipura untuk bermain lebih sabar dan mampu mengontrol emosi," ujar Lessa.

Untuk memecah kebuntuan mencetak gol, Lessa mengaku memperagakan permainan menyerang penuh dengan memasukkan Ferinando Pahabol dan Ricky Kayame menggantikan dua pemain tengah Nelson Alom dan Robertino Pugliara.

"Kami sempat memainkan taktik menyerang all-out, untuk mendapatkan gol. Taktik ini berbahaya karena mereka bisa menyerang balik. Namun jika mampu memecah kebuntuan mencetak gol, kami bisa menghasilkan banyak gol," tambah Lessa.

Menanggapi hasil seri yang diraih timnya, Zulham Zamrun yang mendampingi Lessa dalam jumpa pers mengatakan pemain Persipura sudah bermain maksimal namun kurang beruntung sehingga gagal mencetak gol.

"Kami terus menyerang pertahanan tim tamu, dan berhasil mencetak banyak peluang. Tapi kami kurang beruntung sehingga gagal mencetak gol," ujar Zulham.

Pada fase penyisihan grup piala AFC, menurut Lessa, timnya berusaha lolos sebagai juara grup untuk mempermudah pada laga babak knock-out.

"Dengan hasil ini kami belum pasti lolos dan masih menunggu hasil pertandingan Bengaluru FC melawan Wariors. Kalau Warriors menang, kami sudah pasti lolos. Kalau kalah, kami harus bekerja keras lagi untuk memastikan lolos saat menghadapi Warriors, 28 April mendatang," ujar Lessa.

Dengan hasil seri menghadapi Maziya, Persipura masih kokoh memuncaki klasemen Grup E, Piala AFC dengan 10 poin hasil dari 3 kali menang dan sekali seri. Sementara tim asal Maladewa, Maziya S&R berada pada posisi ke-3 dengan raihan 4 poin hasil dari sekali menang, sekali seri dan dua kali kalah.

Sementara itu pada pertandingan lain di grup ini, Bengaluru menang 1-0 atas Warriors. Dengan demikian, Persipura hanya unggul satu poin atas Bengaluru dan Warriors kian terbenam di dasar klasemen karena belum mendapatkan angka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com