Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semoga Gol Akrobatik Bikin Suarez Makin "Lapar"

Kompas.com - 19/02/2015, 23:17 WIB
MADRID, Kompas.com - Pekan lalu, Lionel Messi menyamai rekor Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick alias trigol ke-23 di pentas Primera Division ketika Barcelona melibas Levante 5-0 dalam laga di Camp Nou. Tetapi Luis Suarez, yang masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua, juga mencuri perhatian dengan sebuah gol spektakuler yang dihasilkan melalui tendangan salto.

Ini adalah gol keempat Suarez di Liga Spanyol dalam 14 penampilannya sepanjang musim 2014-15. Tentu saja torehan gol Suarez pada musim perdana ini sangat jauh dari harapan, karena Barca mendatangkannya pada musim panas lalu lantaran mantan pemain Ajax ini sangat produktif bersama Liverpool pada musim lalu, di mana dia bersanding dengan Ronaldo sebagai top scorer Eropa.

Namun, gol akrobatik itu diyakini bisa menjadi katalisator bagi Suarez sehingga makin lapar mencetak gol untuk mengakhiri masa yang sulit pada musim pertamanya di Spanyol. Pemain 28 tahun itu, yang mendapat pujian untuk kerja keras dan kreativitasnya, yang diperlihatkan dengan membuat lima assist di kompetisi tertinggi Spanyol itu, diharapkan bisa kembali memukau saat Barca menjamu Malaga, Sabtu (21/2/2015).

Barca berpeluang memuncaki klasemen sementara Primera Division jika mampu mendapat poin penuh atas tim Andalusia tersebut, karena saat ini mereka hanya tertinggal satu poin dari rival abadinya, Real Madrid, yang berada di posisi teratas. Pasalnya, Madrid, yang baru saja meraih kemenangan 2-0 atas Schalke pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (18/2), baru akan bermain pada hari Minggu di markas Elche.

Apalagi, pelatih Luis Enrique sudah bisa memainkan Andres Iniesta, yang absen pada pertandingan melawan Levante karena sakit flu. Playmaker timnas Spanyol itu sudah kembali berlatih pada Rabu (18/2).

Musim ini, Barca sedang berada di jalur yang bagus untuk menghapus kisah buruk musim lalu di mana mereka untuk pertama kalinya gagal meraih satu pun trofi utama dalam enam tahun terakhir. Bahkan, Azulgrana bisa mengulangi kesuksesan besar tahun 2009 bersama Pep Guardiola, ketika meraih treble winner alias tiga gelar bergengsi.

Ya, selain mengincar juara Primera Division, Barca juga berada di ambang untuk mengamankan satu spot di final Copa del Rey, serta melaju ke babak 16 besar Liga Champions untuk berhadapan dengan wakil dari Inggris, Manchester City, yang musim lalu mereka singkirkan di fase serupa. Inilah yang membuat semangat Iniesta terlecut dan berharap rekan-rekannya terus mempertahankan momentum.

"Kami berada di posisi untuk memenangi semuanya," ujar Iniesta dalam wawancara yang dipublikasi di situs resmi FIFA (www.fifa.com) pekan ini.

"Kami telah melewati tahun yang buruk dan itu benar-benar menjadi motivasi bagi kami," tambahnya.

"Kami akan berusaha dan memastikan musim ini berakhir bahagia, dengan gelar-gelar di saku kami, dan dengan para penggemar yang kembali bergembira."

Sementara itu juara bertahan Liga Spanyol, Atletico Madrid, yang berada di peringkat ketiga dan tertinggal enam angka dari Barca, berusaha bangkit dari kekalahan 0-2 di markas Celta Vigo pada akhir pekan lalu, ketika menjamu Almeria, Sabtu (21/2). Valencia, yang pada awal tahun mengakhiri rekor 22 kemenangan beruntun Madrid pada musim ini, juga berusaha mengamankan posisinya di zona Liga Champions ketika bermain di markas tim juru kunci Cordoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com