Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gol Perdana Falcao Bawa MU ke 4 Besar

Kompas.com - 05/10/2014, 19:56 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manchester United mengalahkan Everton, 2-1, pada pertandingan Premier League, di Old Trafford, Minggu (5/10/2014). Ini menjadi kemenangan beruntun perdana Manchester United pada musim 2014-15.

Gol kemenangan MU diciptakan oleh Angel Di Maria pada menit ke-27 dan Radamel Falcao pada menit ke-62. Adapun gol untuk Everton dilesakkan Steven Naismith pada menit ke-55.

Kemenangan ini membawa MU ke posisi empat besar sementara Premier League. MU mengumpulkan 11 poin dari tujuh pertandingan. Sedangkan Everton berada di urutan ke-17 dengan enam poin dari tujuh pertandingan.

Bermain dengan berbekal kemenangan 2-1 atas West Ham United, MU mendominasi permainan sejak awal. Mereka konsisten menyerang dan nyaris tak pernah terancam.

Di Maria, Robin van Persie, Radamel Falcao, dan Juan Mata menjadi motor serangan MU. Mereka membangun kerja sama yang membuat Everton fokus pada pertahanan.

Pertahanan yang dibangun Everton cukup efektif. Sebelum gol Di Maria, MU melepaskan tembakan-tembakan yang terblok atau membuahkan tendangan gawang. Pada menit ketujuh dan ke-12, misalnya, Robin van Persie dan Di Maria melihat tembakan mereka meleset dan terblok lawan.

Memasuki menit ke-27, publik Old Trafford bergembira melihat Di Maria mencetak gol. Memanfaatkan umpan Juan Mata, Di Maria menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang Tim Howard dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Setelah gol Di Maria, Everton mencoba memperbaiki koordinasi lini tengah dan mulai menciptakan tekanan. Setelah kecolongan oleh serangan MU yang membuahkan tembakan akurat Di Maria pada menit ke-39, Everton melancarkan balasan yang berujung tembakan dari Romelu Lukaku. Namun, tembakan Lukaku melesat ke atas gawang.

MU menurunkan tempo dan memperbaiki koordinasi. Namun, Everton tampak lebih siap menghadapinya. Setelah tembakan Falcao pada menit ke-42 membuahkan tendangan gawang, Everton melancarkan balasan yang membuahkan penalti pada menit ke-42. Penalti diberikan setelah Luke Shaw dinilai melanggar Tony Hibbert.

Namun, Leighton Baines yang dipercaya mengeksekusi penalti gagal mencetak gol. Tembakannya yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang dimentahkan David De Gea. Tak lama setelahnya, wasit Kevin Friend meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, tepatnya menit ke-55, Everton mampu menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan silang Baines, bola meluncur ke tengah kotak penalti MU. Steven Naismith unggul lebih cepat dari Shaw dalam perebutan bola udara. Sundulan Naismith bersarang di gawang MU yang mengubah skor menjadi 1-1.

Akan tetapi, kegembiraan Everton menyamakan skor tidak bertahan lama. Pada menit ke-62, MU berhasil kembali unggul melalui Falcao. Tendangan spekulasi Di Maria justru mengarah kepada Falcao yang berada di depan gawang Everton. Dengan mudah, Falcao menceploskan bola sekaligus membawa MU unggul 2-1. Itu menjadi gol pertama Falcao sebagai pemain MU.

Everton mencoba mencari gol penyeimbang dengan memasukkan Bryan Oviedo, Leon Osman, dan Tyias Browning. Sementara MU menjaga peluang meraih tiga poin dengan memainkan Tyler Blacket, James Wilson, dan Marouane Fellaini.

Namun, upaya Everton menyamakan skor kerap gagal karena penampilan gemilang De Gea. Hingga pertandingan berakhir, skor tetap 2-1 untuk kemenangan MU.

Menurut catatan Premier League, sepanjang babak pertama, MU melepaskan empat tembakan akurat dari 12 usaha, sementara Everton melepaskan lima tembakan titis dari tujuh percobaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com