Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Suporter Aljazair Tewas dalam Selebrasi

Kompas.com - 20/11/2013, 23:34 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber AP
ALJAZAIR, KOMPAS.com — Sebuah ironi terjadi di Aljazair ketika negara tersebut berhasil meraih tiket menuju Piala Dunia 2014 di Brasil pada Juni mendatang. Di satu sisi, ada euforia yang melanda negara tersebut, tetapi di sisi lain ada dukacita yang mendalam lantaran ada 12 orang tewas dan 240 cedera ketika suporter merayakan keberhasilan negaranya lolos ke putaran final.

Aljazair sempat berada dalam posisi sulit karena kalah 2-3 dari Burkina Faso pada leg pertama play-off zona Afrika bulan lalu. Tetapi, pada leg kedua di Aljazair, Selasa (19/11/2013) waktu setempat atau Rabu (20/11) dini hari WIB, mereka menang 1-0 sehingga berhak lolos ke Brasil lantaran unggul agresivitas gol di kandang lawan meskipun agregat 3-3.

Sebuah pernyataan dari pemerintah pada Rabu (20/11/2013) menyebutkan bahwa lima fans yang sedang melakukan selebrasi tewas ketika sebuah van terjun ke jurang di kota pegunungan Bajaia, bagian timur Aljazair, sementara itu empat lainnya meninggal di selatan kota Biskra dalam sebuah kecelakaan mobil. Pernyataan yang tidak menyebutkan detail lebih lanjut ini menambahkan bahwa tiga orang lainnya dinyatakan meninggal di kota berbeda.

Ketika Aljazair memastikan diri lolos ke Brasil, para pendukung tim tumpah ruah ke jalanan kota untuk merayakan kesuksesan. Anak-anak muda keluar menggunakan mobil dan melaju di jalanan sambil membunyikan klakson meskipun hujan deras mengguyur pada Selasa malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com