Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Vs Ajax, Duel "Murid dan Guru"

Kompas.com - 18/09/2013, 12:18 WIB
Ferril Dennys

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com — Stadion Camp Nou akan kembali menjadi saksi bisu duel bergengsi.  Dua tim yang sama-sama pernah empat kali mengangkat trofi Liga Champions, Barcelona dan Ajax untuk pertama kalinya akan bertemu di ajang itu, Kamis (19/9/2013) dini hari WIB.

Prestasi yang diraih dua tim itu juga berkaitan dengan sosok yang sama, Johan Cruyff. Cruyff pernah membela dua klub itu, sebagai pemain dan sebagai pelatih.

Saat menjadi pemain, Cruyff mempersembahkan tiga gelar Liga Champions bagi Ajax sebelum memutuskan hijrah ke Barca pada 1973. Cruyff bermain untuk Barcelona selama lima tahun dan ikut mempersembahkan gelar La Liga dan trofi Copa del Rey.

Sebagai pelatih, Cruyff membawa Ajax meraih dua gelar Liga Belanda dan satu trofi Copa del Rey pada periode (1985-1988). Sementara selama melatih Barcelona (1988-1996), Cruyff membawa klub itu meraih sebelas trofi, termasuk trofi Liga Champions 1991-1992 yang merupakan trofi Liga Champions pertama Barcelona.

Salah satu kunci sukses Barcelona pada era Cruyff adalah sistem total football yang bermetamorfosis menjadi tiki-taka. Sistem itu berakar pada semangat yang sama: menyerang.

Dengan begitu, pertandingan antara Barcelona dan Ajax, Kamis (19/9/2013) bisa diharapkan menampilkan laga yang seru, selain karena kedua kubu sama-sama tahu kekuatan lawan juga karena mereka sama-sama bertekad meraih kemenangan.

"Selalu ada prioritas dalam turnamen yang diikuti. Saya merasa Barcelona harus memenangkan kompetisi ini. Kami bermain di tiga kompetisi dan kami harus mencapai final di semua kompetisi," ujar pelatih Barcelona Gerardo "Tata" Martino.

Sementara itu, pelatih Ajax Frank De Boer menyatakan timnya akan bermain melawan Barcelona seperti biasa.

"Johan Cruyff adalah pribadi luar biasa dan sangat terkenal di Barcelona. Orang-orang mencintainya. Ajax dan Barcelona memiliki filosofi yang sama: menyerang. Tidak banyak perbedaan, kecuali soal anggaran. Kami sangat bahagia akan filosofi Johan. Barcelona merasakan pengaruhnya, sama halnya dengan kami," jelas De Boer.

"Saya tidak pernah berpikir untuk bermain seperti Celtic (bertahan) karena kami tidak memiliki pemain yang sama seperti mereka. Kami mungkin melakukan kesalahan (bermain seperti Celtic). Kami akan berusaha bermain dengan gaya permainan kami karena kami tahu itu yang terbaik. Mengikuti gaya permainan Celtic terlalu rumit," tambahnya.

Laga ini sendiri akan disiarkan secara langsung SCTV, Rabu atau Kamis (19/9/2013) dini hari WIB.

Prakiraan Susunan Pemain:
Barcelona (4-3-3): Victor Valdes; Adriano, Javier Mascherano, Gerard Pique, Dani Alves; Andres Iniesta, Sergio Busquets, Xavi; Neymar, Lionel Messi, Cristian Tello
Pelatih: Gerard Martino

Ajax Amsterdam (4-3-3): Kenneth Vermeer; Daley Blind, Stefano Denswil, Niklas Moisander, Ricardo van Rhijn; Lerin Duarte, Lasse Schoene, Thulani Serero; Tobias Sana, Danny Hoesen, Viktor Fischer
Pelatih: Frank de Boer

Kemungkinan Absen:
Barcelona: Carles Puyol (cedera), Ibrahim Afellay (cedera), Jordi Alba (cedera)
Ajax: Siem de Jong (cedera), Joel Veltman (cedera)

Lima Duel Terakhir: -

Penampilan Lima Laga Terakhir:
Barcelona: M-M-S-M-S
Ajax: M-S-S-M-K

Prediksi:
Bwin: 1,14 - 8,00 - 15,50
William Hill: 1,14 - 7,50 - 17,00
Kompas Bola: 50-50

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com