Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IFL Terancam Tanpa Juara Bertahan

Kompas.com - 16/08/2013, 19:56 WIB
Ferril Dennys

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Futsal Nasional (BFN) telah mengumumkan peserta untuk perhelatan Indonesian Futsal League (IFL) musim 2013. Sebanyak tujuh klub akan ambil bagian pada ajang tertinggi futsal di Indonesia.

Klub-klub yang akan ambil bagian adalah Electric Cosmo Yogyakarta, Futsal Kota Bandung, Libido FC Bandung, Makassar Futsal Academy, Tifosi Bhaskara Surabaya, Pertamina Jakarta, dan Anker FC Mataram. Ironisnya, juara bertahan IFL 2012, Pelindo FC Jakarta, tidak ikut ambil bagian.

Pelindo sebenarnya tercatat sebagai peserta IFL tahun ini. Namun, sampai batas waktu yang ditentukan, Pelindo tidak mengonfirmasi keikutsertaannya. Menurut Wakil Ketua Bidang Kompetisi Badan Futsal Nasional, Tio Nugroho, Pelindo tidak ikut serta lantaran alasan teknis.

"Sebetulnya ada 10 tim yang terdaftar di awal, tapi tiga tim mundur yakni Pelindo, SWAP FC, dan Trunajaya. Kami bisa menerima alasan karena ada beberapa tim yang mengalami kesulitan dana," ujar Tio dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Format kompetisi IFL 2013 akan menggunakan empat seri. Seri pertama akan berlangsung di Yogyakarta pada 19-23 Agustus 2013, seri kedua di Bandung pada 2-7 September 2013, seri ketiga di Jakarta pada 17-21 September 2013, dan seri pamungkas di Surabaya pada 1-5 Oktober 2013.

Nantinya, empat tim yang berada di urutan teratas akan lolos ke babak final four. Pada babak ini, peringkat pertama akan bertemu peringkat keempat, dan peringkat kedua berhadapan dengan peringkat ketiga. Final four dan partai final direncanakan bakal berlangsung di Jakarta pada 8-10 November 2013.

BFN juga merinci total hadiah untuk ajang ini. Juara akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 80 juta, runner-up sebesar Rp 40 juta, peringkat ketiga sebesar Rp 30 juta, dan peringkat keempat Rp 20 juta. Untuk sektor individu, pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak bakal mendapatkan uang tunai masing-masing sebesar Rp 5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com