Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekuk Denmark, Belanda Kuasai Grup E

Kompas.com - 14/06/2010, 20:14 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Kesebelasan Belanda menang 2-0 atas Denmark pada pertandingan penyisihan grup Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Senin (14/6/2010). Mereka kini menduduki puncak klasemen Grup E dengan tiga poin.

Denmark pantas kecewa karena mereka sebetulnya mampu mengimbangi permainan Belanda. Sejak awal, kedua kubu kerap terlibat perebutan bola pun di lini tengah. Begitu menguasai bola, tiap tim langsung berupaya mengalirkan serangan dengan cepat.

Sayangnya, hal itu tak diimbangi dengan penguasaan bola dan akurasi umpan memuaskan. Akibatnya, alur serangan sering kandas di tengah jalan.

Memasuki menit ke-11, Denmark mengambil inisiatif menurunkan tempo dengan permainan penguasaan bola. Diiringi aksi individu, mereka berusaha memanfaatkan semua sisi lapangan untuk menyelipkan serangan.

Setelah menunggu hingga menit ke-27, Denmark berhasil menciptakan ancaman serius ke gawang Belanda melalui Nicklas Bendtner. Dari tengah kotak penalti, ia berhasil menanduk umpan Dennis Rommedahl yang sayangnya melenceng ke sisi kanan gawang.

Belanda belum menciptakan ancaman serius ketika Denmark pada menit ke-35 dan ke-38 kembali menciptakan peluang gol melalui Rommedahl. Sayang, dua eksekusinya itu mentah di tangan Marteen Stekelenburg.

Di tengah gempuran Denmark, Belanda berhasil meloloskan sebuah serangan yang nyaris membawa mereka unggul melalui Robin van Persie pada menit ke-43. Dari tengah kotak penalti, ia melepaskan tendangan ke sudut kiri bawah gawang, yang sayangnya melenceng ke sisi gawang.

Setelah itu, kedua kubu tak menciptakan ancaman baru sampai peluit turun minum berbunyi. Angka 0-0 tertera di papan skor.

Memasuki babak kedua, Belanda mencoba menciptakan kejutan dengan sebuah serangan cepat. Hal ini membawa Belanda unggul berkat gol bunuh diri Simon Poulsen pada menit ke-46.

Gol bermula dari pergerakan Van Persie di sektor kanan pertahanan Denmark. Ia kemudian melepaskan umpan silang yang berhasil ditanduk oleh Poulsen. Namun, bola malah meluncur mengenai badan Daniel Agger dan masuk ke gawang sendiri.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com