Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolbal, dari Manchester United Menjadi Indonesia Unite

Kompas.com - 30/07/2009, 05:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sudah dua pekan tragedi ledakan bom di kompleks Mega Kuningan, Jakarta, 17 Juli 2009, berlalu. Kejadian ini menimbulkan dampak buruk bagi Indonesia, tak hanya pada sembilan korban tewas dalam teror tersebut, tetapi juga pedagang kecil yang urung mendapat rezeki akibat batalnya tur Manchester United ke Jakarta.

Bagi Yayan, pedagang kaus replika MU di kawasan Senayan, pembatalan kunjungan "Setan Merah" itu sangat merugikannya. Keuntungan besar di depan mata hilang dalam sekejap. Ia sudah terlanjur mengeluarkan banyak uang untuk membuat seragam "Setan Merah". Namun, alih-alih mendapat laba, mengembalikan modal saja sulit karena tak penggemar MU batal datang ke Gelora Bung Karno, tempatnya menggelar dagangan.

Berangkat dari kejadian itulah, komunitas jejaring sosial Twitter di Indonesia dengan nama Indonesia Unite menggelar aksi solidaritas. Salah satu tujuannya adalah membantu Yayan dan pedagang kecil lain yang menjadi korban tak langsung pengeboman di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton itu.

Dalam aksi peduli itu, beberapa simpatisan dalam komunitas tersebut secara berpatungan mengumpulkan modal untuk membeli kaus-kaus yang tak laku tadi. Kaus ini nantinya dimodifikasi dengan cara dibalik, lalu bagian terluar disablon dengan logo "Indonesia Unite". Itu sebabnya kegiatan ini disebut Bolbal, singkatan dari Bolak-balik, sebagaimana cara mereka memodifikasi kaus tadi.

"Sebenarnya saya dan teman-teman hanya ingin membantu Pak Yayan yang kausnya tidak laku karena MU tidak jadi datang," ujar Glenn Marsalim, salah satu pemrakarsa dari inisiatif Bolbal, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Saat ini, kaus Bolbal sedang dalam tahap produksi dan akan dijual secara terbatas dalam jumlah 200 unit dengan harga Rp 50.000 per kaus. Kaus-kaus itu dapat diperoleh di butik Wadezig! Jalan Lamandau IV/18, Jakarta, dan Kamar Butik di Kelapa Gading mulai 1 Agustus 2009.

Bolbal juga akan memberikan kebebasan, baik kepada Yayan, maupun pihak lain untuk melanjutkan kegiatan ini dengan menyediakan desain logo Indonesia Unite beresolusi tinggi. Anda yang ingin meniru metode ini dapat mengunduhnya secara gratis serta menyablonnya pada kaus bolak-balik.

"Dengan mengenakan kaus Bolbal bersablon Indonesia Unite, masyarakat diharapkan tetap mengingat bahwa kita masih tetap dapat bersatu sebagai bangsa Indonesia dalam menghadapi situasi buruk apa pun," sebut pernyataan dalam situs Bolbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com