Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Sepakat dengan Bojan Hodak

Kompas.com - 08/06/2024, 18:30 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kesepakatan kontrak baru sudah terjalin antara Persib Bandung dan pelatihnya Bojan Hodak pasca juara Liga 1 2023-2024.

Pelatih asal Kroasia itu akan bertahan, melanjutkan proyek selanjutnya di musim baru  di Liga 1 2024-2025, dimana Persib akan melaju ke kompetisi Asia.

Bojan hodak mengaku dirinya sudah menerima draft kontrak baru yang disodorkan manajemen Persib. 

Hanya ada teknis kecil yang perlu diubah, setelah itu, ia akan menandatanganinya. Secara lisan Hodak sudah sepakat bertahan di Bandung.

Baca juga: Pelatih Persib Bicara soal Tambahan Kuota Pemain Asing Liga 1

“Klub sudah mengirim saya kontrak. Hanya ada satu hal bahwa ada hal teknis kecil yang harus diubah dan saya akan menandatanganinya,” kabar Hodak. 

“Tapi pada dasarnya kami sudah menjalin kesepakatan,” timpalnya. 

Ada diskusi yang dijalin manajemen dan Hodak dalam rencana perekrutan. Sejumlah pemain bidikan mulai dinego, namun masalahnya mereka berpikir Persib adalah klub sangat kaya. 

Persib memang dikenal sebagai tim paling sehat soal finansial. Jarang ditemui isu terlambat gaji dan sebagainya. 

Baca juga: Usai Juara, Agenda Persib Hadapi Play off AFC Champions League 2

Namun pada kenyataannya Hodak menyebutkan jika Persib punya budgeting yang terbatas sehingga negosiasi perlu diurus dengan sangat alot. 

“Ya tentu saja kami ingin mendatangkan pemain baru. Tapi masalahnya adalah pemain yang kami inginkan, mereka berpikir bahwa Persib klub yang sangat kaya,” terang Hodak. 

“Mereka (pemain bidikan) meminta uang yang besar yang mana kami tidak bisa membayarnya. Jadi kami masih akan melihat, berapa banyak pemain baru yang bisa dibawa,” paparnya. 

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga 1 2023-2024.KOMPAS.com/Adil Nursalam Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga 1 2023-2024.

Pelatih yang juga sukses di Liga Malaysia ini membocorkan bahwa ia akan berusaha mempertahankan 90 persen skuad Persib juara di Liga 1 2023-2024. 

Akan ada beberapa pemain yang dilepas namun Hodak tak akan mengubah kerangka tim yang sudah ia temukan.

“Jika sukses menjuarai liga, itu artinya tim punya skuat yang bagus dan tidak perlu mengubah terlalu banyak pemain. Saya percaya 90 persen pemain di tim akan tetap bersama kami,” ungkap Hodak. 

Baca juga: Persib Juara, Ada Pemain yang Tak Ikut Rasakan Gelar

Hodak adalah pelatih asing pertama yang bisa membawa Persib juara. Ia telah mengakhiri kutukan pelatih asing di klub yang penuh dengan sejarah ini. 

Ia didatangkan Persib pada Agustus 2023 mengganti posisi Luis Milla yang mengundurkan diri. 

Tak disangka, dengan materi pemain peninggalan Milla, Hodak bisa mengangkat performa tim dari posisi 16 ke posisi empat besar tembus Championship Series. 

Pada babak empat besar, Persib menang tiga kali, dua kemenangan dicatatkan di final mengalahkan Madura United secara back to back.

Maung Bandung mengangkat piala di Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024), Hodak juga dianugerahi pelatih terbaik Liga 1 2023-2024. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com