Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Kepastian Regulasi Pemain Asing, Teco Sudah Kantongi Kandidat Pemain

Kompas.com - 08/06/2024, 13:30 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wacana terkait kompetisi musim depan telah beredar, salah satunya terkait kuota pemain asing yang akan bertambah menjadi delapan pemain asing. Komposisi di Liga 1 2024-2025 ditenggarai akan menjadi enam pemain asing dari negara mana pun plus dua dari Asia atau 6+2.

Dalam penerapannya nanti, maksimal akan ada 5+1 pemain asing dalam 11 pemain inti di lapangan, sedangkan sisanya di bangku cadangan.

Begitu juga pemain usia muda dari U23 wajib bermain minimal 45 menit dalam satu pertandingan.

Pro dan kontra isu pun bermunculan, karena regulasi yang dibuat PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi dianggap bisa mematikan potensi pemain lokal.

Baca juga: Pelatih Persib Bicara soal Tambahan Kuota Pemain Asing Liga 1

Bahkan, sejumlah pemain sepak bola Indonesia menyikapi dengan sebuah pergerakan salah satunya dengan mengunggah foto dengan tagar #IniSepakBolaIndonesia? dengan latar belakang hitam di media sosialnya masing-masing.

Hal ini kemudian ditambah dengan sebuah caption sindiran, "Pertanyaan untuk kita semua, apakah ini kompetisi sepak bola Indonesia?".

Meski begitu 18 klub peserta Liga 1 musim depan tidak ingin gegabah. Mereka tetap menunggu keputusan resmi dalam kongres tahunan yang akan berlangsung Senin (10/4/2024) mendatang.

Seperti pelatih Bali United, Stefano Cugurra menantikan regulasi terbaru terkait wacana tambahan delapan pemain asing pada musim depan. 

“Saya harus ikut yang ada di dalam regulasi. Kami harus benar-benar tunggu regulasi,” kata pelatih asal Brasil itu.

“Kami mau pastikan regulasi juga, kami dengar nanti ada delapan pemain asing tapi kami harus pastikan untuk bisa mencapai pemain asing tambahan di dalam tim,” imbuhnya.

Baca juga: Regulasi Baru soal Kuota Pemain Asing Liga 1 Musim Depan

Selama bursa transfer pemain ini, tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut telah mengantongi sejumlah nama kandidat pemain asing baru.

Saat ini Teco dan manajemen sedang melakukan pembahasan dan negosiasi dengan kandidat pemain baru tersebut.

“Sudah ada beberapa pemain asing yang masuk, nanti akan diumumkan jika sudah sepakat dengan manajemen,” katanya.

Kini jika wacana tersebut telah disetujui dan disah kan, tim pelatih masih perlu mencari lima pemain asing baru yang akan duduk bersama pemain asing yang masih bertahan.

Saat ini sudah ada tiga pemain asing yang masih dipertahankan antara lain Privat Mbarga (Kamboja), Elias Dolah (Thailand), dan Adilson Maringa (Brasil).

Pelatih Bali United asal Brasil Stefano Cugurra.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pelatih Bali United asal Brasil Stefano Cugurra.

“Yang punya negosiasi dengan pemain baru ada di manajemen. Sudah ada beberapa yang masuk dalam daftar pemain baru,” katanya.

Sejauh ini sejak awal bulan Juni lalu, Bali United telah melepas delapan pemain andalan yang tidak sepakat memperpanjang kontrak.

Sebanyak delapan pemain yang keluar itu yakni Muhammad Ridho, Fadil, Ramdani Lestaluhu, Jajang Mulyana, Haudi Abdillah, dan tiga pemain asing yakni Mohammed Rashid, Jefferson Assis serta Eber Bessa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com