Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Takluk dari Irak: Evaluasi dan Waspadai Filipina, Garuda!

Kompas.com - 07/06/2024, 06:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meminta pelatih dan para pemain timnas Indonesia melakukan evaluasi setelah kekalahan dari Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia takluk 0-2 dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024). 

Gawang Indonesia yang dikawal kiper Ernando Ari Sutaryadi kebobolan gol-gol Ayman Hussein (54'-penalti) dan Ali Jasim (88'). 

Selain karena Irak bermain lebih bagus, Erick Thohir juga menilai para pemain timnas Indonesia beberapa kali melakukan kesalahan yang menguntungkan sang lawan.

Baca juga: Hitung-hitungan Poin Agar Timnas Indonesia Lolos dari Grup F

"Saya lihat Irak bermain bagus, tetapi kita (timnas Indonesia) beberapa kali melakukan kesalahan," ujar Erick. 

Ia pun meminta timnas Indonesia melakukan evaluasi sebab Garuda masih punya peluang untuk menang melawan Filipina guna memastikan kelolosan ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

"Saya berharap nanti Coach Shin Tae-yong dan pemain evaluasi karena momennya masih ada tiga poin yang harus kami pastikan supaya masuk ke Kualifikasi Piala Dunia ronde tiga," ucap Erick, dikutip dari Antara

Timnas Indonesia akan menjalani laga terakhir di Grup F dengan melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024). 

Baca juga: Update Klasemen Grup F: Indonesia Ditempel Vietnam, Usai Menang atas Filipina

"Kita masih ada peluang saat melawan Filipina. Akan tetapi, saya yakin Filipina yang sekarang berbeda dengan kemarin karena ketua umumnya baru (Mariano Araneta)," ujarnya. 

"Jangan lihat Filipina ini tim yang rendah, bahwa kita bisa mudah seperti sebelum-sebelumnya," tutur Erick melanjutkan. 

Kekalahan dari Irak tak membuat posisi Indonesia bergeser di klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Indonesia masih menempati peringkat kedua dengan 7 poin, delapan angka di bawah Irak yang memuncaki klasemen dengan 15 poin dari lima kemenangan. 

Namun, Indonesia ditempel Vietnam yang menghuni posisi ketiga dengan 6 poin. The Golden Star Warriors menang 3-2 atas Filipina semalam. 

Sementara itu, Filipina tak beranjak dari dasar klasemen dengan perolehan satu poin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com