Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Vs Australia, Garuda Tak Bisa Dianggap Sebelah Mata

Kompas.com - 28/01/2024, 12:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mantan pemain Madura United asal Australia, Jacob Pepper, angkat bicara soal babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar yang mempertemukan timnas Indonesia vs Australia.

Laga Indonesia vs Australia akan berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Minggu (28/1/2024), dengan kickoff pukul 18.30 WIB.

Ia memprediksi negaranya, Australia, bisa mengatasi perlawanan timnas Indonesia dan laga berlangsung seru.

Sebab, ia melihat semenjak ditangani Shin Tae-yong, ada progres positif yang ditunjukkan timnas Indonesia.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Australia, Keyakinan Kejutan Garuda Berlanjut

Hal itulah, yang menurut dia, membuat Garuda tak boleh dianggap sebelah mata oleh Australia meski di atas kertas tim berjuluk The Socceros itu lebih diunggulkan.

"Sebenarnya, menurut saya ini adalah pertandingan yang bagus untuk kedua tim. Sudah lama sekali sejak kedua tim saling berhadapan dalam pertandingan kompetisi, sejak 14 tahun," ujar Jacob Pepper kepada Kompas.com.

"Saya yakin sepak bola kedua negara telah berkembang, khususnya di Indonesia. Sepak bola Indonesia telah berkembang pesat dalam 10 tahun terakhir," tuturnya.

"Prediksi 2-1, Australia menang," katanya.

Baca juga: Prediksi Indonesia Vs Australia di Piala Asia, Penting Tak Kebobolan Cepat!

Perjalanan karier Jacob Pepper di Indonesia bisa dibilang singkat, hanya sebentar membela Madura United pada kompetisi Liga 1 musim 2020 lalu, yang terhenti karena pandemi Covid-19.

Namun, ia masih mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia, termasuk timnas, yang dinilainya memiliki pemain-pemain muda potensial pada masa depan.

Ia pun salut dengan keberanian Shin Tae-yong yang lebih banyak mengandalkan pemain muda di turnamen paling bergengsi antarnegara di Asia tersebut.

"Ini akan menjadi pertandingan yang hebat. Sepak bola Indonesia masih menggunakan pendekatan yang sangat mentah dan langsung dengan beberapa pemain muda yang sangat berbakat datang melalui sistem," tutur mantan pemain Newcastle Jets FC itu.

Sementara itu, untuk kekuatan timnas Indonesia, Jacob Pepper meyakini pemain Australia sudah mengantongi gambaran kekuatan timnas Indonesia.

Apalagi beberapa pemain asal Australia sering kali mentas di kompetisi sepak bola kasta tertinggi sehingga sudah mengetahui gaya permainan para pemain timnas Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com