Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Timnas Indonesia Vs Australia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Kompas.com - 27/01/2024, 09:00 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Timnas Indonesia sukses mengukir sejarah menembus fase gugur di Piala Asia 2023 di Qatar sejak keikutsertaan mereka pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007 lalu.

Di babak 16 besar, Indonesia akan berhadapan dengan Australia yang akan digelar di Stadion Jassim bin Hamad Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024) besok.

Sederet fakta tersaji jelang duel bersejarah bagi Timnas Indonesia yang untuk pertama kalinya menembus babak 16 besar.

Baca juga: PSSI Ungkap Syarat dan Kapan Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong

Berikut ini 5 fakta Timnas Indonesia vs Australia yang telah dihimpun Kompas.com :

1. Timnas Indonesia menjadi tim asal Asean kedua yang lolos ke babak 16 besar

Para pemain timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Terkini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan timnas Indonesia mendapatkan bonus seusai melaju ke 16 besar Piala Asia 2023.Dok. PSSI Para pemain timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Terkini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan timnas Indonesia mendapatkan bonus seusai melaju ke 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia menjadi skuad kedua asal Asia Tenggara yang berhasil menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah Thailand.

Kepastian lolosnya ke babak 16 besar Piala Asia 2023 tak lepas dari hasil imbang 1-1 yang diraih Oman saat bersua Kirgistan.

Hasil tersebut memastikan anak asuh Shin Tae-yong melenggang ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dengan status peringkat 3 terbaik setelah jumlah koleksi poin mereka lebih unggul dari Oman.

Atas keberhasilan tersebut, Shin Tae-yong merasa senang dan bersyukur kerja keras Asnawi Mangkualam dan kolega membuahkan hasil yang positif.

“Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini,” ujar pelatih asal Korea Selatan.

“Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan),” imbuhnya.

Baca juga: Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Indonesia Disebut Punya Faktor X

2. Timnas Indonesia selalu mencetak gol sepanjang babak penyisihan grup

Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga kedua penyisihan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Terkini, Asnawi Mangkualam resmi ke klub Thailand, Port FC.ANTARA/Yusran Uccang Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga kedua penyisihan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Terkini, Asnawi Mangkualam resmi ke klub Thailand, Port FC.

Catatan apik diukir Timnas Indonesia sepanjang babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Mereka selalu mencetak gol di tiga laga yang telah mereka lalui.

Dimulai dari takluk 1-3 di tangan Irak. 

Gol tunggal Timnas Indonesia pada laga itu dicetak oleh Marselino Ferdinan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com