Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Asia 2023: Marc Klok Hanya 15 Menit Bela Indonesia, Terima Keputusan STY

Kompas.com - 25/01/2024, 16:40 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelandang senior timnas Indonesia, Marc Klok, hanya diberi kesempatan tampil sekali oleh pelatih Shin Tae-yong pada pertandingan pembuka Grup D Piala Asia 2023

Marc Klok harus puas hanya dimainkan selama kurang lebih 15 menit dalam laga Indonesia vs Irak, Senin (15/1/2024) di Stadion Ahmad bin Ali.

Kala itu, dia dimasukkan menggantikan Ivar Jenner pada menit ke-76. 

Bagi Marc Klok secara individu, kondisi ini tentu tidak ideal. Namun, ia sadar bahwa kepentingan tim adalah yang utama.

“Secara pribadi saya juga belajar tentang mendukung teman setim. Saya bermain dalam satu pertandingan, hanya 15 menit dan tentu saya merasa sedih akan hal itu, karena saya punya ekspektasi dan harapan yang berbeda,” ucap Klok mengungkapkan perasaan. 

Baca juga: Jadwal Piala Asia Hari Ini: Bahrain dan Oman Berlaga, Penentu Nasib Timnas Indonesia

Sebagai pemain profesional, Klok menerima dan menghormati keputusan yang diambil Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia. 

“Tapi, kalian tahu sepak bola itu bukan hal yang glamor dan berkilau, pelatih membuat keputusan dan saya harus menerima keputusannya, saya pemain profesional,” tutur pemain yang membela Persib Bandung ini.

Baca juga: Klasemen Akhir Grup D dan Peringkat 3 Terbaik Piala Asia: Timnas Indonesia di Ujung Tanduk

Kendati minim menit tampil, Marc Klok, menyebut kiprah timnas Indonesia di Piala Asia 2024 membawa pengalaman berharga.

Karena itu, semangat dan motivasi tetap ditularkannya baik saat di dalam maupun di luar lapangan.

“Ketika menang Anda bisa senyum dan ketika kalah bisa saja tidak tersenyum, tetapi harus tetap menyemangati rekan satu tim,” kata Klok.  

“Anda harus menjadi sosok yang paling profesional untuk rekan-rekan setim. Saya berada dalam situasi saya tidak bermain, tapi di waktu yang bersamaan ini merupakan bagian dari sepak bola. Ini jadi pelajaran bagi saya,” ujarnya. 

Baca juga: Timnas Indonesia Kalah dari Jepang: Apresiasi Perjuangan Garuda, Ada Harapan Baru

Indonesia mengakhiri persaingan di Grup D dengan berada di peringkat tiga. Tim Garuda berada di bawah Irak (9 poin) dan Jepang (6 poin). 

Satu-satunya kemenangan timnas Indonesia didapat kala berhadapan dengan Vietnam yang mengakhiri turnamen di peringkat keempat Grup D (0 poin). 

Indonesia masih punya kesempatan lolos ke fase 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik jika Bahrain kalah 0-2 atau dengan margin lebih dari dua gol dari Yordania pada laga Grup E.

Skenario lain yang bisa meloloskan Indonesia adalah partai Grup F antara Kirgistan vs Oman Kamis (25/1/2024) berakhir imbang atau Kirgistan menang tipis 1-0 atau 2-1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com