Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Piala Asia 2023 Qatar Vs Lebanon, Tuan Rumah Menang 3-0

Kompas.com - 13/01/2024, 02:06 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Timnas Qatar menang atas Lebanon dengan skor 3-0 pada babak penyisihan Grup A Piala Asia 2023 di Stadion Lusail, Qatar, Jumat (12/1/2024).

Ketiga gol yang dicatatkan Qatar disumbangkan oleh dua striker andalan mereka, yaitu Akram Afif (2) dan Almoez Ali.

Pertandingan baru saja dimulai, namun Qatar yang merupakan tim juara bertahan langsung bermain agresif. Melalui umpan Almoez Ali, Abdulaziz Hatem berusaha mencetak gol dari sisi kiri kotak penalti pada menit ke-2.

Namun usaha tersebut digagalkan Mostafa Matar selaku penjaga gawang Lebanon.

Kedua tim terus bersaing, namun dominasi serangan dipegang oleh Qatar yang melesatkan 16 tendangan pada Lebanon, yang hanya mampu melakukan sebanyak sembilan kali.

Baca juga: Josep Gombau Latih Aston Villa U21, Indonesia dan Persebaya Tak Disebut

Selain itu Qatar juga tercatat melakukan 13 kali tendangan dari dalam kotak penalti, sedangkan Lebanon hanya berpeluang lima kali.

Gol pertama bagi Qatar tercipta oleh Afif pada menit ke-45. Afif mendapat umpan dari Ali, yang langsung ia eksekusi saat berada tepat di depan gawang dengan penjagaan yang longgar.

Peluang tersebut memecah kebuntuan dan memberi Qatar keunggulan sementara 1-0 atas Lebanon.

Qatar menambah gol keduanya pada menit ke-56 melalui sepakan menyamping dari Ali.

Baca juga: Jadwal Sabtu: Kembali tersajinya laga-laga liga sepak bola top Eropa

Ali yang semula berada di depan gawang, berlari ke sisi kiri gawang sesaat sebelum menerima umpan dari Mohammed Waad. Lini bek Lebanon terlambat menyadari pergerakan Ali, sehingga akhirnya bisa menjebol gawang yang dijaga Matar.

Tim tuan rumah tak memberi ampun bagi lawannya malam ini. Pada menit 90+6, Afif kembali mencetak angka bagi Qatar. Kali ini pertahanan Lebanon terbukti lemah, karena membiarkan Afif sendiri di depan gawang.

Saat menerima bola, tak butuh lama bagi Afif untuk membobol gawang Lebanon melalui sepakan kaki kirinya. Qatar pun menyapu bersih angka pada pertandingan pembuka Piala Asia 2023, dan untuk sementara unggul pada klasemen sementara Grup A di partai penyisihan.

FT timnas Qatar vs timnas Lebanon 3-0 (Akram Afif 45' 90+5', Amoez Ali 55')

Susunan pemain:

Qatar: 22-Meshaal Barsham; 2-Pedro Miguel, 3-Almahdi Ali, 4-Mohammed Waad (Himan Ahmed 72'), 12-Lucas Mendes; 6-Abdulaziz Hatem (Jassem Gaber 79'), 10-Hassan Al Haydos (Mostafa meshaal 57'), 11-Akram Afif, 19-Almoez Ali (Ahmed Alaa 78'), 20-Ahmed Fathy; 9-Yusuf Abdurisag (Ismaeel Mohammad 57').

Pelatih: Bartolome Marquez.

Lebanon: 21-Mostafa Matar; 4-Nour Mansour, 12-Alexander Melki, 8-Kassem Al Zein; 5-Nassar Nassa (H Saad 86'), 6-Hussein Al Zein, 10-Mohamad Haidar (Omar Bugiel 70'), 16-Walid Shour (Hasan Srour 70'), 20-Ali Tneich; 7-Hassan Maatouk (Hilal El Helwe 70'), 22-Bassel Jradi (Gabriel Bitar 80').

Pelatih: Miodrag Radulovic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com