Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arema FC Jelaskan Alasan Musim Ini Sering Lepas Pemain

Kompas.com - 26/12/2023, 09:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arema FC musim ini banyak melepas pemain. Sepanjang 23 pekan Liga 1 2023-2024 berjalan, Singo Edan telah melepas 18 pemain yang sejatinya masih menyisakan kontrak.

Pemain terakhir yang dilepas Arema adalah bek asal Mali, Ichaka Diara. Ia dibebastugaskan pada Jumat (15/12/2023) lalu.

Padahal kontrak mantan kapten timnas Mali itu sejatinya baru akan berakhir pada Juni 2024 mendatang.

“Setelah melakukan pembicaraan, akhirnya ada kesepakatan antara Arema FC dan Ichaka. Per hari ini, Ichaka secara resmi sudah tidak lagi menjalin ikatan resmi dengan Arema FC,” ucap General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Ichaka atas kontribusinya kepada Arema FC, kami berdoa semoga kariernya ke depan jauh lebih baik,” ucapnya menambahkan.

Baca juga: Julian Schwarzer, Kiper Muda yang Berkilau di Tengah Jatuh Bangun Arema FC

Ichaka Diarra dicoret karena tidak masuk dalam skema racikan pelatih Fernando Valente. Selama berkostum Arema FC, ia hanya main sebanyak 10 kali.

“Kabar yang saya dapatkan dia pulang setelah bersepakat dengan manajemen Arema (soal kompensasi),” kata pelatih Arema FC, Fernando Valente.

“Ini adalah situasi antara pemain dan manajemen klub. Saya enggak tahu. Mungkin, setelah ini dia akan mencoba peruntungan lain,” tuturnya menambahkan.

Sebelum Ichaka Diara, tim berjuluk Singo Edan ini sudah lebih dulu melepas Gustavo Almeida dengan status pinjaman ke Persija Jakarta.

Sama dengan Ichaka, penyerang asal Brasil itu masih punya kontrak dengan Arema sampai Juni 2024.

Baca juga: Julian Schwarzer, Kiper Muda yang Berkilau di Tengah Jatuh Bangun Arema FC

Kemudian, ada Mikael Tata yang memutuskan mundur dari Arema FC pada bursa transfer putaran kedua Liga 1 2023-2024. Keputusan tersebut diambil karena ia ingin menyeberang ke Persebaya.

Arema FC juga melepaskan Evan Dimas (PSIS Semarang), Samsudin, Asryaq Gufron (Persikab Kab. Bandung) dan Hamdi Sula (PSMS Medan) sebagai pemain pinjaman pada bursa transfer paruh musim ini. Kontrak mereka rata-rata berakhir pada Mei-Juli 2024.

Sebelumnya, pada awal musim 2023, manajemen Singo Edan telah melepaskan pemain-pemain yang masih terikat kontrak.

Rensi Yamaguchi dipinjamkan ke Gresik United, Joko Susilo ditarik kembali PSMS, serta Rizky Dwi pergi ke Borneo FC dengan status pinjaman.

Pemain-pemain lain yang dilepas dengan cara dipinjamkan adalah Gufroni Al Maruf, Imam Budi, Ikhfanul Alam, Ahmad Bustomi (Persikab), Tito Hamzah dan Kevin Armedyah (Sada Sumut), Adixi Lenzivio (PSMS), serta Rendra Teddy (Deltras).

Baca juga: Kebangkitan Arema FC Tergantung Pemain, Valente Bukan Pesulap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com