Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Timnas Indonesia Rasakan Toleransi Beragama di Turkiye

Kompas.com - 23/12/2023, 07:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemain timnas Indonesia yang sedang menjalani pemusatan latihan di Turkiye jelang Piala Asia 2023, mendapatkan pengalaman religius yang menarik.

Personel timnas Indonesia melaksanakan ibadah shalat Jumat pertama selama masa pemusatan latihan di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turkiye, Jumat (22/12/2023).

Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia Ramadhan Sananta berjalan kaki untuk melaksanakan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki. Dokumentasi PSSI Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia Ramadhan Sananta berjalan kaki untuk melaksanakan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki.

Garden of Tolerance merupakan satu kompleks tempat ibadah berbagai agama di Turkiye. Dalam satu kompleks yang sama, terdapat tempat beribadah untuk agama Islam, Kristen, dan Yahudi.

Tempat ini merupakan simbol persatuan dari agama-agama untuk merefleksikan cinta, toleransi, dan persaudaraan antarumat beragama.

Baca juga: Timnas Indonesia Mulai TC di Turkiye: Antusias di Suhu 16 Derajat

Lokasinya dekat dengan hotel timnas Indonesia menginap, sekitar delapan menit saja menggunakan transportasi darat, bus.

Di Garden of Tolerance, bangunan masjid, gereja, dan sinagoge berdiri berdampingan.

Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia menjalankan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki. Dokumentasi PSSI Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia menjalankan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki.
Pada saat datang waktu shalat Jumat, masjid di Garden of Tolerance kerap dipenuhi oleh umat muslim yang ingin beribadah.

Lantaran area dalam masjid yang terbatas, maka para jemaah harus menggelar tikar dan sajadah di area luar.

Hal yang menarik, gereja dan sinagog menyediakan pelataran untuk digunakan umat muslim yang ingin melaksanakan shalat Jumat.

Bahkan, jemaah diperbolehkan menggelar tikar dan sajadah sampai di bagian teras gereja.

Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia yang beragama muslim melakukan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki. Dokumentasi PSSI Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia yang beragama muslim melakukan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki.
Saat Ramadhan Sananta dkk datang, bagian dalam masjid sudah dalam kondisi hampir penuh. Sehingga, sejumlah anggota timnas Indonesia memutuskan untuk mengambil shaf di luar, di area depan gereja.

Pengalaman yang berbeda buat para penggawa timnas Indonesia karena mereka menjalankan ibadah shalat Jumat dengan dikelilingi oleh simbol-simbol agama lain.

Seluruh pemain timnas Indonesia yang muslim, termasuk asisten pelatih dan ofisial, menjalankan shalat Jumat berjamaah mulai pukul 13.00 waktu setempat.

Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri menjalankan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki. Dokumentasi PSSI Disela-sela menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Asia 2023, pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri menjalankan sholat Jumat berjamaah di masjid kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki.
Setelah itu, pemain kembali ke hotel untuk melakukan peregangan dan relaksasi, karena sebelumnya mereka menjalani latihan gym di pagi hari.

Kemudian, pada jumat sore (22/12/2023), Egy Maulana Vikri dkk kembali menjalani latihan di lapangan yang berada di sekitar hotel tempat mereka menginap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com