Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Persik Patahkan Rekor Tak Terkalahkan Persib, Awalnya Bercanda

Kompas.com - 11/12/2023, 11:00 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persik Kediri mampu mempermalukan Persib Bandung di hadapan suporternya sendiri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Hasil Persib Bandung vs Persik Kediri berkesudahan dengan skor 0-2 untuk kemenangan tim tamu pada Minggu (10/12/2023).

Gol diciptakan Renan Silva menit ke-49 lewat titik putih. Anderson Carneiro lalu menggandakannya pada menit ke-60 dari tendangan bebas langsung.

Kekalahan ini buat rekor tak terkalahkan Persib di 14 laga terhenti.

Selain itu, Persik adalah tim pertama yang bisa mengalahkan Maung Bandung di kandangnya sendiri pada musim ini. 

Baca juga: Hasil Persib Bandung Vs Persik 0-2: Macan Putih Putus Rekor 14 Laga Tanpa Kalah Maung

Marcelo Rospide awalnya hanya bercanda bisa mematahkan rekor Persib. Pasalnya ia tahu bagaimana perkembangan tim asuhan Bojan Hodak itu di Liga 1. 

Ia sendiri penasaran sampai di mana Persib bisa mempertahankannya dan mempertanyakan apakah timnya Persik Kediri bisa jadi tim yang bisa meruntuhkan rekor tersebut. 

“Kita tahu soal tren positif Persib, dan saya bercanda dengan seberapa lama mereka bertahan tak terkalahkan dan bisa saja kami yang memutuskan tren itu, ternyata itu terjadi,” kata Rospide. 

Selain kerja keras, menurut dia, timnya dinaungi keberuntungan malam itu di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Persik mendapatkan hadiah penalti dari wasit asal Jepang yang memimpin Futoshi Nakamura. 

“Kami sedikit beruntung bisa menang di laga ini. Bagi kami ini adalah laga penting dan kami mengikuti rencana tim, dan menunjukkan respek kami terhadap lawan,” paparnya. 

Baca juga: Hasil Persib Bandung Vs Persik, Maung Memang Tak Layak Menang

Duel lini tengah antara Beckham Putra (biru) dan Ze Vakente (putih) dalam pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2023-2024 antara Persib Bandung vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (10/12/2023). KOMPAS.com/ADIL NURSALAM Duel lini tengah antara Beckham Putra (biru) dan Ze Vakente (putih) dalam pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2023-2024 antara Persib Bandung vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (10/12/2023).

Persik adalah tim pertama yang mampu mengalahkan Persib di kandang musim ini. Ia memberikan apresiasi kepada para pemain yang dapat menjalankan instruksinya dengan baik. 

Ze Valente dan kolega dapat menunjukkan determinasinya di lapangan, memperlihatkan buah dari kerja keras mereka di dalam latihan. 

“Saya merasa bangga dengan pemain karena ketika kami memikirkan strategi, saya sangat bergantung dengan mereka, mereka memperlihatkan 100 persen hasil latihan mereka di lapangan,” tuturnya. 

Pelatih asal Brasil ini sudah mengucapkannya beberapa kali, bahwa setiap laga adalah final, mindset tersebut yang buat Persik Kediri kini tiba-tiba berada di peringkat keenam berselisih enam poin dari Persib di posisi tiga. 

Baca juga: Hasil Persib Vs Persik, Malam yang Tak Akan Dilupakan Macan Putih

Persik akan semakin memeriahkan peta persaingan menuju empat besar, zona Championship Series.

“Seperti yang saya katakan, ini seperti laga final, kami butuh punya mindset untuk bermain seperti layaknya laga final, karena kami punya target besar yang harus kami penuhi dan kami tahu sangat sulit,” terang Rospide. 

“Kami punya alasan untuk bisa menikmati kemenangan ini karena mengalahkan tim sebesar Persib, kami tentu menghormati lawan dan lawan juga menghormati kami,” jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com