Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Piala Dunia U17, Kala Kekuatan Menyerang Bersua Tembok Bertahan

Kompas.com - 02/12/2023, 16:57 WIB
Sehan Gerin,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas U17 Jerman akan kembali berhadapan dengan Timnas U17 Perancis di partai final untuk kedua kalinya pada tahun ini. Kedua negara raksasa sepak bola ini sudah bertemu di Final Piala Eropa U17, kini mereka bertemu lagi di Final Piala Dunia U17.

Laga antar keduanya akan dihelat di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (2/12/2023) pukul 19.00 WIB.

Jerman tentu menatap laga ini dengan hasrat mencetak sejarah baru untuk menjadi juara Piala Dunia U17 kali pertama, namun Perancis juga tak ingin kalah dua kali.

Kedua tim memiliki kunci permainan untuk memenangkan laga ini. Jerman kemungkinan besar akan mengandalkan serangan balik yang cepat, mengingat Jerman sangat baik dalam transisi.

Baca juga: Final Piala Dunia U17 2023, Pesan Mario Gotze untuk Timnas U17 Jerman

Jerman termasuk sebagai tim dengan daya serang baik, mereka mencatatkan 16 gol sepanjang turnamen. Laga melawan Perancis akan menarik, mengingat Perancis sendiri baru kebobolan satu gol.

Anggota dari Technical Study Group (TSG) FIFA, Pape Thiaw, menyatakan bahwa penonton layak menantikan pertandingan yang sangat taktis dari kedua tim.

Jerman sangat efisien dalam transisi dan serangan balik, dan menjadi kekuatan yang tidak terduga dari Paris Brunner cs. Jerman juga dikatakan sangat baik dalam melakukan penguasaan bola.

Penyerangan efisien Der Panzer ini akan berhadapan dengan Perancis yang sangat fasih dalam bertahan.

Pertahanan sendiri menjadi kunci permainan Perancis di turnamen. Berbagai tim sudah merasakan betapa kokohnya pertahanan Les Bleuets.

Di balik pertahanan kokoh dan serangan balik yang cenderung cepat, Perancis juga terbukti ahli dalam mengeksekusi bola mati.

Tercatat, 4 dari 10 gol Perancis tercipta dari kondisi bola mati. Ini akan menjadi krusial dalam laga penting layaknya final.

Pape Thiaw juga ikut mengomentari situasi Perancis yang cukup ahli dalam kondisi bola mati.

"Mereka memiliki beberapa pemain tinggi yang cukup hebat di udara, sera ada pemain yang mampu mencetak gol dari jarak jauh," jelas Thiaw.

Dia menjelaskan, pemain muda Perancis tidak seperti pemain muda umumnya yang biasanya kehilangan konsentrasi, mereka dinilai mengeksekusi bola mati dengan sangat baik.

Baca juga: Final Piala Dunia U17 2023 Jerman Vs Perancis: Ujian Tembok Ayam Jantan

Namun, kekuatan terbaik Perancis tetap berada pada kemampuan bertahan mereka. Mereka bertahan dengan kolektif dan sangat cepat dalam serangan balik.

Hal ini juga diungkapkan oleh anggota TSG lainnya, Julio Gonzalez, yang menilai kerjasama tim Perancis sangat baik.

"Koneksi antar pemain Perancis sangat kuat, mereka memiliki perannya dalam bertahan. Bertahan dengan keunggulan jumlah membantu mereka menyerang dengan keseimbangan," ungkap Gonzalez.

Laga ini tentu akan menarik, dengan berbagai narasi misi balas dendam Perancis serta Jerman yang memiliki ambisi mengukir sejarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com