Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Bandung Vs PSM, Hodak Ungkap Kans Debut Beltrame dan Mendoza

Kompas.com - 01/12/2023, 14:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung akan diperkuat dua pemain asing baru di putaran kedua Liga 1 2023-2024, gelandang asal Italia, Stefano Beltrame, dan kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza. 

Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengungkap peluang debut keduanya pada laga Persib Bandung vs PSM Makassar di pekan ke-21, Senin (4/12/2023) di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Kevin Ray Mendoza berpotensi besar melakukan debut dari starting line up mengingat Teja Paku Alam tertimpa cedera ketika latihan. 

Pada sesi latihan Jumat (1/12/2023), Teja memang sudah berlatih normal kendati kondisinya belum 100 persen. Bojan Hodak akan menentukan pilihannya. 

Baca juga: Persib Resmikan Stefano Beltrame, Eks Juventus, Pernah Bela Italia

"Kevin merupakan penjaga gawang, jadi dia bisa langsung bergabung. Beruntungnya, dia datang ketika Teja mengalami cedera dua hari lalu," kabar Hodak. 

"Hari ini dia sudah mulai berlatih lagi dan belum dalam kondisi 100 persen. Jadi, bagus karena kami punya lebih banyak pilihan," katanya. 

Sementara itu, Hodak enggan terburu-buru memainkan Stefano Beltrame. Pasalnya, ia tampak mengalami jetlag setelah melakukan penerbangan dari Eropa. 

Cuaca di Benua Biru juga saat ini sedang musim dingin. Dia masih butuh beradaptasi dengan kondisi cuaca di Bandung, Indonesia, yang lebih panas. 

Baca juga: Persib Datangkan Kiper Timnas Filipina Kevin Ray Mendoza]

"Untuk Stefano dia masih butuh waktu karena datang dari Eropa dan dan di sana suhunya itu minus," tutur Hodak. 

"Jadi, baginya, sangat panas di sini dan masih butuh waktu sekitar satu pekan. Mungkin kami baru bisa memperkenalkan mereka (tampil) berdua di pekan depan," katanya. 

Dari track record-nya, Stefano Beltrame terakhir kali bermain pada 19 Maret 2023 bermain untuk timnya Maritimo di Liga Portugal melawan Casa Pia di Stadion Estadio Nacional, Jamor, Oeiras. 

Klubnya mengakhiri kompetisi di dasar klasemen dan degradasi di bulan Juli. Artinya, ia punya waktu yang cukup panjang sebelum bergabung Persib, tak merasakan atmosfer pertandingan. 

Baca juga: Alasan Bojan Hodak Boyong Stefano Beltrame ke Persib

Namun, Hodak tak khawatir dengan kondisi kebugaran fisiknya karena Beltrame ikut berlatih dengan tim Serie C atau D di Liga Italia. 

"Dia tetap berlatih di tim Serie C atau D di Italia, jadi dia tetap berlatih. Jadi kondisi fisiknya itu bukan masalah, tetapi dia masih harus pelan-pelan untuk bermain," kata Hodak. 

Hodak yakin dalam waktu dekat, dengan bekerja bersama pelatih fisik Miro Petric, menurutnya, Beltrame akan punya kondisi fisik yang ideal.

"Namun, dalam waktu dekat kami pastinya akan memperkenalkannya," ujar Hodak. 

"Dia masih butuh kebugaran dalam bermain dan dia akan mendapatkan itu di dua sampai tiga pertandingan. Saya percaya dia setelah tahun baru akan berada dalam kondisi benar-benar fit," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com