Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Fisik Persis Solo Singgung Ketahanan Fisik dan Mental di Piala Dunia U17

Kompas.com - 30/11/2023, 12:04 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih fisik Persis Solo, Sofie Imam Faizal, kedapatan menyaksikan laga semifinal Piala Dunia U17 2023 Indonesia dari tribun penonton Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11/2023) sore.

Ia menyempatkan waktu menyaksikan langsung laga semifinal Piala Dunia U17 2023 di stadion.

Dirinya mengaku ingin menyaksikan empat negara yang menembus babak semifinal dan melihat mereka sebagai tim-tim terbaik dengan pembinaan pemain muda yang bagus.

Sofie Imam Faizal pun mengamati gaya permainan sepak bola yang diterapkan negara-negara unggulan tersebut yang lebih dinamis dan menyesuaikan dengan gaya bermain sepak bola modern.

“Alasan pertama ini babak semifinal dimana empat negara yang terbaik lolos sampai fase ini dengan berbagai style of play dari pelatih kepala,” ungkap pelatih fisik Persis Solo tersebut kepada Kompas.com.

“Tujuan saya melihat aktivitas permainan empat negara setelah kemarin mengikuti AFC fitness coaching tutor 2023 tentang tren sepak bola modern,” sambungnya.

Baca juga: Jerman Vs Perancis di Final Piala Dunia U-17 2023, Ini Daftar Juara dari Masa ke Masa

Tak hanya menyaksikan laga tim, Sofie Imam juga mengamati fisik dan mental pemain timnas empat negera tersebut yang menunjukkan kematangan bermain walau masih berusia muda.

Hal itu menurutnya perlu mendapat perhatian dari pemain-pemain lokal terutama pemain muda Indonesia untuk memiliki kematangan yang cukup baik secara fisik maupun mental.

“Saya hanya melihat secara fisik dan mentalitas pemain. Mental cukup baik, kemasukan dan menghadapi situasi penalti di usia 17 tahun bisa menghadapi tekanan penalti akibat kemasukan di menit akhir,” ujar Sofie Imam.

Pelatih Persis Solo Sofie Imam dari tribun menyaksikan laga semifinal Piala Dunia U17 2023 Indonesia yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Selasa (28/11/2023) sore.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pelatih Persis Solo Sofie Imam dari tribun menyaksikan laga semifinal Piala Dunia U17 2023 Indonesia yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Selasa (28/11/2023) sore.

Ia mengatakan ada pergeseran cara pandang terutama soal ketahanan fisik pemain di sepak bola modern. Hal itu diakuinya bisa ia pahami setelah mengikiti kursus kepelatihan.

“Hasil dari evaluasi secara aktivitas fisik di Piala Dunia Qatar, apakah tren sepak bola modern tersebut banyak dipakai oleh empat negara yang lolos di (fase akhir) Piala Dunia U17,” jelasnya.

Sementara itu, ia menjagokan Timnas Jerman untuk menjadi juara Piala Dunia U17. Jerman sendiri usai mengalahkan Argentina melalui drama adu penalti pada babak empat besar.

Jerman akan melawan Prancis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (2/12/2023) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com