Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Information Center Piala Dunia U17 2023 di Surabaya...

Kompas.com - 20/11/2023, 16:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Totalitas PSSI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 Indonesia tak pernah habis untuk dibahas.

Semua stakeholder saling bersinergi dan berhasil menciptakan sebuah venue turnamen yang membanggakan di mata dunia.

Tidak hanya baik dari aspek teknis kebutuhan pertandingan dan kompetisi, fasilitas penunjangnya juga tidak kalah mengundang decak kagum. Salah satunya adalah Information Center.

Information Center Surabaya fasilitas tambahan yang diperuntukkan untuk kebutuhan jurnalistik selama Piala Dunia U17 2023 Indonesia yang berada di Grand Swissbell Surabaya, Jawa Timur dibuka mulai tanggal 10 November - 2 Desember 2023. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Information Center Surabaya fasilitas tambahan yang diperuntukkan untuk kebutuhan jurnalistik selama Piala Dunia U17 2023 Indonesia yang berada di Grand Swissbell Surabaya, Jawa Timur dibuka mulai tanggal 10 November - 2 Desember 2023.

Information Center merupakan fasilitas tambahan yang diperuntukkan untuk kebutuhan jurnalistik. Fasilitas ini menyediakan ruang khusus bagi media yang bertugas meliput Piala Dunia U17 2023 secara eksklusif.

Baca juga: Jam Operasional Transjakarta ke JIS Diperpanjang Selama Piala Dunia U-17

Seperti namanya, area ini menjadi pusat informasi selama gelaran turnamen kelompok usia sejagat itu. 

"Karena banyak teman jurnalis yang lolos akreditasi FIFA, lalu akses informasinya bagaimana. Kita kan pertama kali jadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023, masa tidak ingin menyemarakkan," cerita Miftakhul Fahamsyah, selaku Manajer Information Center Surabaya.

"Akhirnya diputuskan Pemerintah dan PSSI membuka Information Center untuk akses informasi semua pekerja media," ujarnya.

Ia mengungkapkan hanya ada dua venue yang menyediakan Information Center, yakni Surabaya dan Solo.

Baca juga: Bima Sakti Minta Pemain Timnas U17 Indonesia Jaga Semangat

Fasilitas ini beroperasi sejak kick off 10 November 2023 sampai penutupan 2 Desember 2023 nanti.

Konferensi pers narasumber yang berkaitan dengan Piala Dunia U17 2023 Indonesia dilakukan di Information Center Surabaya di Hotel Grand Swissbell,  Jawa Timur yang dibuka mulai tanggal 10 November - 2 Desember 2023.  KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Konferensi pers narasumber yang berkaitan dengan Piala Dunia U17 2023 Indonesia dilakukan di Information Center Surabaya di Hotel Grand Swissbell, Jawa Timur yang dibuka mulai tanggal 10 November - 2 Desember 2023.

Pantauan selama Kompas.com bertugas, fasilitas Information Center di Surabaya yang berada di lantai 2 Grand Swiss Belhotel itu benar-benar memanjakan jurnalis yang datang dari berbagai daerah.

Di dalam ruangan terdapat barisan meja kursi yang tertata rapi, dilengkapi enam layar monitor yang bisa digunakan jurnalis secara cuma-cuma dan akses internet dengan kecepatan 1.000 mbps.

Baca juga: Boneka Maskot dan Kaus, Suvenir Piala Dunia U17 yang Paling Dicari

Kemudian, tersedia tiga  televisi dengan ukuran besar dan satu layar lebar menayangkan pertandingan yang sedang berlangsung atau siaran tunda.

Selain itu, juga terdapat satu stage untuk narasumber yang sedang melakukan konferensi pers setiap harinya. Lalu, ada studio mini dan mixzone untuk interview doorstop.

Studio mini yang tersedia di sudut Information Center Piala Dunia U17 2023 Indonesia di Surabaya, Jawa Timur yang dibuka mulai tanggal 10 November - 2 Desember 2023.  KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Studio mini yang tersedia di sudut Information Center Piala Dunia U17 2023 Indonesia di Surabaya, Jawa Timur yang dibuka mulai tanggal 10 November - 2 Desember 2023.

"Tiap hari ada kegiatan preskon dari pihak yang terlibat di Piala Dunia U17 ini. Kami komunikasikan jika tidak bisa terakomodasi di venue utama Piala Dunia, maka diadakan dan salah satunya di sini," tutur pria yang biasa disapa Fim itu.

"Mulai dari Wakil PSSI, Direktur Teknik Timnas Indra Sjafri yang menyampaikan perkembangan tim, pihak BUMN yang support kegiatan ini, pihak keamanan, bincang dengan legenda sepak bola dan lain-lain," katanya.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com