Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Perancis vs Gibraltar 14-0, Mbappe dkk Tanpa Ampun

Kompas.com - 19/11/2023, 05:56 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.comPerancis sukses melibas Gibraltar 14-0 dalam matchday 9 Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, Minggu (19/11/2023) dini hari WIB.

Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa tersebut berlangsung di Stadion Allianz Riviera, Perancis. Kemenangan ini mengokohkan juara Piala Dunia 2018 tersebut di peringkat pertama Grup B dengan torehan 21 poin. 

Hasil ini menjadi kemenangan terbesar Perancis sepanjang sejarah dan juga kemenangan terbesar sepanjang sejarah kualifikasi Piala Eropa.

Perancis sukses membuka keunggulan cepat atas Gibraltar. Ethan Santos tidak mampu mengantisipasi umpan silang dari Jonathan Clauss yang mengakibatkan bola masuk ke dalam gawang sendiri pada menit ke-3.

Satu menit berselang gol kembali tercipta, kali ini giliran Marcus Thuram yang berhasil mengonversi bola muntah.

Baca juga: Rashford dan Onana Cedera, Krisis Pemain Man United Kian Parah

Les Bleus tampil perkasa dengan menambah gol melalui aksi pemain muda Warren Zaire-Emery yang melakoni start pertamanya bagi timnas Perancis.

Lahir pada Maret 2006, gelandang Paris Saint-Germain itu menjadi pemain termuda sepanjang sejarah Les Bleus.

 

Berawal dari Kingsley Coman menusuk dari sisi kanan pertahanan, dia memberikan umpan silang kepada Zaire-Emery yang berhasil dikonversikan menjadi gol pada menit ke-16.

Tidak hanya menyebabkan gol bunuh diri, Santos juga diganjar kartu merah pada menit ke-18 usai dinilai melakukan pelanggaran yang berbahaya terhadap Zaire-Emery.

Bermain dengan 10 pemain dan tertinggal tiga gol, Gibraltar begitu sulit untuk keluar dari tekanan Perancis. 

Kondisi kian buruk bagi Gibraltar pada menit ke-29, mereka dijatuhi hukuman penalti usai Lee Casciaro melakukan handball. Kylian Mbappe yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

Baca juga: Hasil Jerman Vs Venezuela 3-0: Panser Sapu Bersih, Juara Grup F

Pundi-pundi bagi tim Ayam Jantan terus bertambah, kali ini giliran Jonathan Clauss yang masuk daftar pencetak gol.

Menerima umpan dari Mbappe, bek kanan asal Marseill tersebut berhasil melesatkan tendangan jarak jauh yang berbuah manis pada menit ke-34.

Dua menit berselang giliran Kingsley Coman yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-36. Dia mampu melesatkan menyambar bola lepas umpan Theo Hernandez di kotak penalti.

Perancis benar-benar menghancurkan Gibraltar, dua menit berselang Youssouf Fofana (37) menambah keunggulan. Fofana berhasil melesatkan tendangan di luar kotak penalti yang gagal diantisipasi oleh Dayle Coleing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com