Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puji Shin Tae-yong, Pelatih Korea Selatan: Dia Seorang Legenda!

Kompas.com - 15/11/2023, 15:30 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Timnas U17 Korea Selatan, Byun Sung-hwan, memberikan apresiasi dan mengungkap keinginannya untuk meniru kesuksesan Shin Tae-yong dalam meningkatkan performa timnas Indonesia.

Pada kompetisi Piala Dunia U-17 2023, Timnas U17 Korea Selatan mendapatkan dukungan besar dari penggemar sepak bola Indonesia. 

Hal itu terasa saat Korea Selatan melawan Amerika Serikat di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (12/11/2023).

Dukungan ini diberikan karena Korea Selatan adalah negara asal pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong.

Baca juga: Amerika Serikat Vs Burkina Faso, Mewaspadai Serangan Udara Mematikan

Byun Sung-hwan, pelatih Korea Selatan, mengakui hubungan dekatnya dengan Shin Tae-yong. Mereka berdua pernah berada dalam tim yang sama di Seongnam Ilhwa Chunma.

Saat itu, Shin Tae-yong menangani Seongnam FC dari tahun 2008 hingga 2012

Adapun Byun Sung-hwan adalah salah satu pemainnya pada 2012.

Menurut Byun Sung-hwan, Shin Tae-yong sebagai pelatih yang tidak hanya diakui di Korea Selatan sebagai legenda sepak bola, tetapi juga sukses dalam meningkatkan kualitas Timnas Indonesia dengan pesat.

“Dia adalah orang yang sangat baik. Dia juga seorang legenda, baik itu sebagai pemain maupun pelatih di K-League,” ujar Byun Sung-hwan dilansir dari BolaSport.com

“Sekarang dia juga mencatatkan hasil yang bagus bersama Timnas Indonesia," lanjutnya.

Shin Tae-yong telah menunjukkan keberhasilannya dengan membawa perubahan signifikan bagi Timnas Indonesia.

Di bawah arahannya, peringkat Timnas Indonesia melonjak dari posisi ranking FIFA di 170-an pada tahun 2019 menjadi peringkat 145 saat ini.

Meskipun belum memberikan trofi untuk Indonesia, Shin Tae-yong mencatat banyak prestasi dengan memimpin Garuda menuju Piala Asia 2023, setelah absen selama 16 tahun sejak 2007.

Hal ini adalah pencapaian yang mengesankan bagi Timnas Indonesia.

Sung-hwan mengakui keinginannya untuk mengikuti jejak Shin Tae-yong sebagai seorang pelatih yang berhasil membawa perubahan signifikan untuk timnya.

Ia memiliki tekad untuk membawa tim yang ditanganinya mencapai hasil yang baik, dan berharap bisa meniru kesuksesan yang telah diraih Shin Tae-yong.

“Sebagai seorang murid darinya, saya berharap bisa mengikuti jejak dia dan bisa mendapatkan hasil yang bagus juga,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com