Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U17 Argentina Ambil Inspirasi dari Lionel Messi dkk di Qatar

Kompas.com - 15/11/2023, 04:56 WIB
Adil Nursalam,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sejumlah pesepak bola Timnas Argentina melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Jepang saat pertandingan babak penyisihan Grup D Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11/2023). Argentina menang atas Jepang dengan skor 3-1.ANTARA FOTO/M Agung Rajasa Sejumlah pesepak bola Timnas Argentina melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Jepang saat pertandingan babak penyisihan Grup D Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11/2023). Argentina menang atas Jepang dengan skor 3-1.

BANDUNG, KOMPAS.com - Timnas U17 Argentina bangkit di matchday kedua Piala Dunia U17 2023 Indonesia ketika membekuk Jepang dengan skor 3-1. 

Hasil Jepang vs Argentina di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2023) ini membuat Argentina berada di peringkat kedua Grup D Piala Dunia U17 2023 Indonesia

Argentina, yang menelan kekalahan 1-2 dari Senegal pada matchday pertama, langsung tancap gas dengan mencetak dua gol pada 10 menit pertama.

Gol  datang lewat tendangan bebas Claudio Echeverri pada menit ke-5 dan gol Valentino Acuna pad menit ke-8. 

Pada babak kedua, Jepang meningkatkan intensitas serangan dengan permainan lebih agresif. Hasilnya, Rento Takaoka memperkecil keadaan lewat gol yang memaksimalkan umpan sayap kanan (50'). 

Baca juga: Hasil Piala Dunia U17 2023 Jepang Vs Argentina 1-3, Gol Cepat Menangkan Tim Tango

Jepang sempat menyamakan skor 2-2 ketika Gakuto Kawamura mencetak gol  memaksimalkan kemelut depan gawang pada 10 menit akhir. 

Namun, wasit asal Portugal Joao Pinheiro menganulirnya karena dinilai ada pelanggaran terlebih dahulu kepada kiper Jeremias Florentin, skor masih 2-1. 

Gencaran serangan Jepang belum berhenti. Di saat pasukan Samurai Biru Muda kelua menyerang, Tim Tango justru bisa memanfaatkan kekosongan ruang di pertahanan Jepang untuk mencetak gol ketiga. 

Sepakan Agustin Ruberto di masa tambahan waktu deflection yang membuat kiper Jepang Wataru Goto terkecoh. Skor laga pun menjadi 3-1 bagi Jepang.

Baca juga: Piala Dunia U17 2023 Jepang Vs Argentina: Betapa Bahayanya Samurai Biru

Pelatih Argentina, Diego Placente, memotivasi anak-anak asuhnya bangkit usai kalah di matchday pertama. 

Ia mengingatkan lagi memori timnas senior Argentina di Piala Dunia 2022. Saat itu, Messi cs kandas di tangan Arab Saudi pada laga perdana. 

Namun, Albicelestes bisa lolos grup berkat kemenangan melawan Meksiko dan Polandia, hingga akhirnya menjadi juara di Qatar.

Placente turut merepresentasikan kondisi tersebut dengan situasi yang dihadapi saat ini di Piala Dunia U17 2023. 

“Ya, kami juga memperhitungkan hal ini, bahwa Argentina kalah pada pertandingan pertama di Qatar (melawan Arab Saudi) situasinya hampir sama dengan yang terjadi kepada kami di turnamen ini,” kata Placente.

Baca juga: Piala Dunia U17 2023, Laga Sempat Terhenti, Lapangan SJH Dipuji

“Apa yang kami katakan (kepada pemain), kami harus menunjukkan sikap sama untuk bangkit di laga selanjutnya,” terangnya. 

Placente melihat semangat yang membara, mereka tak ingin tersingkir lebih dini dari turnamen. Sebuah hasil yang bisa mencoreng kejayaan negara Argentina di ajang Piala Dunia.

Ia mengapresiasi pemainnya karena bisa merespon dengan positif segala kecemasan yang datang setelah kekalahan mengejutkan dariSenegal di laga awal.  

“Kami bisa menunjukkan sikap positif, kami bisa menunjukkan performa bagus kami kepada Anda. Saat mereka (pemain) melihat pesan ada banyak rekan di luar sana sangat cemas dan kami bisa menunjukkannya (lewat kemenangan),” paparnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com