Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U17 Indonesia Vs Panama: Sulit, Susah, Garuda Bisa!

Kompas.com - 13/11/2023, 06:46 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Indonesia akan melakoni laga kedua Grup A Piala Dunia U17 2023 dengan melawan Panama di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (13/11/2023) malam.

Pelatih timnas Indonesia U17, Bima Sakti Tukiman, mengingatkan agar Arkhan Kaka dkk tidak terlena dengan keberhasilan menahan imbang 1-1 tim kuat, yakni Ekuador, pada laga sebelumnya.

Ia mengakui hasil seri saat bersua Ekuador membuat pemain sulit percaya. Sebab, itulah poin pertama Indonesia dalam sepanjang sejarah keikutsertaan pada Piala Dunia FIFA di berbagai kategori usia.

“Kondisi pemain, setelah pertandingan lawan Ekuador, mereka seperti enggak percaya, melawan Ekuador yang notabene langganan Piala Dunia, baik di senior maupun usia muda, bisa kita tahan imbang,” ucap pelatih asal Balikpapan, Kalimantan Timur itu.

“Saya pikir mereka merasa bangga dan yang pasti tidak boleh terlalu euforia berlebihan. Kita harus fokus pertandingan,” tuturnya lagi.

Baca juga: Piala Dunia U17: Potensi Kejutan Indonesia Vs Panama, Sepak Bola Bukan Matematika

Bima Sakti tak menampik bahwa keberhasilan timnas U17 Indonesia menahan imbang Ekuador meningkatkan kepercayaan diri pemain jelang laga kedua kontra Panama.

Di atas kertas, Ekuador lebih baik dibandingkan Panama dari sisi permainan. Namun, Bima Sakti enggan terkecoh dengan hitung-hitungan di atas kertas.

“Pemain ngomong ke kami, ternyata kita bisa, Indonesia bisa dengan berbagai macam proses yang kita lalui, sulit, susah. Ada yang bagusnya juga bisa menahan imbang tim Ekuador,” ucap Bima Sakti.

“Dari hasil di atas bisa, sepak bola bukan matematika yang penting fokus di pertandingan,” ucapnya lagi.

Sang pelatih berusia 47 tahun itu mencoba membawa spirit optimisme ini ke dalam duel melawan Panama.

Raihan hasil positif saat bersua Panama akan terus menjaga asa timnas U17 Indonesia untuk melangkah ke babak gugur Piala Dunia U17 2023.

Baca juga: Piala Dunia U17 Indonesia Vs Panama, Bima Sakti Harap Jangan Jatuhkan Pemain

Ketahanan fisik pemain timnas U17 Indonesia menjadi salah satu perhatian Bima Sakti. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya mengatasi tekanan.

Duel melawan tim matang seperti Ekuador pada laga perdana menjadi pelajaran bagus buat anak asuh Bima Sakti.

“Pasti pressure berat melawan tim yang sudah matang, sudah terbentuk lama. Itu salah satunya,” katanya menerangkan soal laga sengit kontra Ekuador.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com