Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U17 2023: Sensasi Talenta 15 Tahun, Roket Anak SMA Jepang

Kompas.com - 12/11/2023, 05:20 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Penampilan impresif talenta 15 tahun Senegal yang disebut "titisan Sadio Mane", Amara Diouf, membenamkan Argentina. Di lain sisi, Jepang menang berkat anak SMA.

Amara Diouf yang baru meniup lilin ulang tahun ke-15 pada Juni silam menjadi bintang partai Grup D Piala Dunia U17 2023 antara Argentina vs Senegal.

Partai Argentina vs Senegal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/11/2023).

Gol kemenangan 2-1 Senegal atas Argentina diborong oleh Amara Diouf yang juga mengemban jabatan kapten tim. 

"Penting bagi saya untuk mencetak gol di Piala Dunia, terutama pada partai pertama. Saya sangat senang dengan dua gol ini," ujar Amara Diouf di situs FIFA.

Baca juga: Hasil Piala Dunia U17 2023: Diouf Cetak Gol lalu Sujud, Senegal Bekuk Argentina

Amara Diouf adalah permata terbaru sepak bola Senegal dan digadang-gadang akan mempunyai karier gemilang. 

Ia merupakan binaan akademi masyhur Senegal yang banyak menelurkan nama bintang, yakni Generation Foot.

Bahkan, Amara Diouf sudah mencatat debut untuk timnas senior Senegal pada laga Kualifikasi Piala Afrika 2023 kontra Rwanda pada September silam. Kala itu usia Amara Diouf 15 tahun, 94 hari!

Klub-klub mapan Eropa semodel Man City, Barcelona, Real Madrid, dan Arsenal disebut bersaing untuk mendapatkan Diouf.

Akan tetapi, Diouf memilih mengikuti jejak Sadio Mane dan diberitakan akan bergabung dengan klub Liga Perancis, Metz, saat nanti berusia 18 tahun.

“Gabunglah ke Metz, kamu tak akan menyesalinya,” ujar Sadio Mane memberikan nasihat kepada Diouf, dikutip dari situs resmi Ligue 1.

“Saya melewati divisi tiga bersama klub ini dan lihat di mana saya sekarang. Klub besar akan tetap di sana jika kamu mau bersabar,” tutur Mane, bintang Al Nassr, yang pernah mengantar Liverpool juara Liga Champions 2019.

Dwigol Amara Diouf memungkinkan Senegal menuai kemenangan atas wakil Amerika Selatan untuk kali pertama dalam ajang Piala Dunia U17.

"Saya berterima kasih kepada rekan setim yang membantu saya melakukannya. Saya akan terus bekerja untuk mencapai level lebih tinggi," ujar Amara Diouf usai dua kali menjebol gawang Argentina di Piala Dunia U17 2023.

Baca juga: Hasil Piala Dunia U17 2023 Jepang Vs Polandia, Cara Samurai Biru Manfaatkan Delay

Senegal kini memimpin klasemen Grup D Piala Dunia U17 2023 dengan tiga angka. Jepang menguntit di tangga kedua dengan perolehan poin identik.

Starting Timnas Jepang U17 dalam pertandingan pertama Grup D Piala Dunia 2023 Indonesia antara Jepang vs Polandia, Sabtu (11/11/2023) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. KOMPAS.com/Adil Nursalam Starting Timnas Jepang U17 dalam pertandingan pertama Grup D Piala Dunia 2023 Indonesia antara Jepang vs Polandia, Sabtu (11/11/2023) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com