Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U17: Timnas Indonesia Fantastis jika Bisa Lolos Fase Grup

Kompas.com - 05/11/2023, 15:30 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pergelaran Piala Dunia U17 2023 Indonesia hanya tingga dalam hitungan hari. 

Semua mata tertuju kepada laga pertama timnas U17 Indonesia melawan Ekuador, Jumat (10/11/2023), di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Sepak mula Indonesia vs Ekuador akan digelar pada pukul 19.00 WIB. Pada Piala Dunia U17 2023, Indonesia tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. 

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, menilai Piala Dunia U17 2023 jadi momentum Indonesia untuk memperkenalkan diri kepada dunia sebagai negara gila bola. 

Baca juga: Presiden FIFA Sambut Piala Dunia U17 2023 di Negara yang Indah, Indonesia

“Menurut saya Piala Dunia U17 di Indonesia adalah hal yang luar biasa, karena ini level tertinggi dari kompetisi sepak bola di kelompok usianya. Para pemain terbaik dari seluruh dunia ada di sini,” kata Bojan Hodak. 

“Saya rasa ini akan fantastis bagi fan sepak bola di Indonesia untuk melihat sepak bola kelas dunia di kelompok usianya,” tuturnya. 

Bojan Hodak memilih bersikap realistis dalam menelaah peluang Indonesia berprestasi di Piala Duni U17 2023  .

Sebagai catatan, Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Dunia U17 2023 via jalur tuan rumah, bukan lewat kualifikasi.

Indonesia ditunjuk FIFA menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023. 

Baca juga: Piala Dunia U17, Bima Sakti Ungkap Cara Indonesia agar Bisa Bersaing

Karena itu, Bojan Hodak menilai Indonesia sudah bisa dibilang mencatat pencapaian fantastis andai bisa melangkah ke fase gugur. 

“Kita harus realistis bahwa negara dari Asia Tenggara sulit untuk bermain di Piala Dunia,” kata Hodak. 

“Jadi untuk kans dari Indonesia, setiap poin yang bisa diraih adalah hal yang bagus dan jika lolos ke babak berikutnya, itu tentu akan fantastis,” tuturnya menambahkan. 

Gairah sepak bola Indonesia diyakini Hodak juga akan meningkat berkat Piala Dunia U17.

Baca juga: Pembukaan Piala Dunia U17, Surabaya Siapkan Keamanan dan Kenyamanan 

Sang pelatih asal Kroasia itu berharap euforia itu terus terjaga. Sebab, selain Piala Dunia U17 2023, Indonesia juga dihadapkan dengan ajang lain yang tak kalah penting semodel Piala Asia 2023, Piala Asia U23 2024, serta Kualifikasi Piala Dunia 2026 

“Ya tentu saja karena popularitas sepak bola ketika event ini digelar akan meningkat. Ini bagus untuk fan dan sepak bola Indonesia,” kata Hodak.

“Saya hanya berharap ini tidak berhenti ketika Piala Dunia selesai, tapi ini bisa terus berlanjut setelah Piala Dunia,” tuturnya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com