Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Memburu Real Madrid, Senjata Nyali Darah Muda La Masia

Kompas.com - 23/10/2023, 11:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Jelang el clasico, Barcelona sukses memangkas jarak dengan Real Madrid menjadi hanya 1 poin. Marc Guiu menggambarkan nyali besar darah muda La Masia.

Marc Guiu, jebolan akademi masyhur Barcelona La Masia menjadi perbincangan hangat pada pekan ke-10 Liga Spanyol 2023-2024.

Pemuda 17 tahun tersebut menjadi penentu hasil laga Barcelona vs Bilbao di Estadi Olimpic Lluis Companys, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.

Gol semata wayang Marc Guiu pada menit ke-80 mengantar Barcelona menang 1-0. Ketika mencetak gol, pemain kelahiran 4 Januari 2006 itu baru 23 detik di atas lapangan.

Baca juga: Barcelona dan Sengatan 23 Detik Marc Guiu, Mantap Menuju El Clasico

Menurut Opta, Marc Guiu juga menjadi pemain termuda Barcelona di abad 21 yang mampu bikin gol pada laga debut.

Ketika masuk papan skor laga Barcelona vs Bilbao, Guiu berusia  17 tahun plus 291 hari. 

"Kami melewatkan tiga atau empat peluang dan pada akhirnya, bocah dari akademi, Marc, membuat perbedaan," ujar pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, dikutip dari Diario Sport.

"Dia punya gol, gairah, saya menyukainya. Saya tak masalah memainkan jebolan La Masia. Dalam situasi ini, kami harus melakukannya.

Xavi musim ini memang membuka pintu lebar-lebar buat para cantera alias pemain binaan akademi Barcelona, La Masia.

Baca juga: Hasil Barcelona Vs Bilbao 1-0: Sentuhan Emas Marc Guiu

Dalam laga kontra Bilbao, Xavi bahkan memainkan banyak produk asli akademi. Gavi (19 tahun), Fermin Lopez (20), dan Alejandro Balde (20) ditampilkan sebagai starter. 

Pada babak kedua, Xavi yang juga merupakan jebolan La Masia, memberi kesempatan kepada Lamine Yamal (16) dan Marc Guiu (17).

"Saya terkejut mereka tidak takut, mereka melihat saya dengan antusiasme, bak berkata 'mainkan saya'. Mereka melihat saya dengan positif. Saya melihatnya di wajah Fermin, Gavi, Balde, Lamine, dan sekarang Marc," ujar Xavi.

Keberanian darah muda La Masia ini menjadi modal berharga Barcelona untuk menantang Real Madrid.

Duel bertajuk el clasico antara Barcelona vs Madrid akan tersaji pada Sabtu (28/10/2023), dalam rangkaian pekan ke-11 Liga Spanyol 2023-2024. 

"Mereka adalah pemain yang punya talenta dan saya memercayai mereka, seperti halnya mereka meyakini saya. Kami bersikap berani. Klub mesti merayakan gol ini. Ini adalah bukti bahwa para cantera bekerja dengan sangat bagus," ujar Xavi soal deretan pemain mudanya.

Berkat kemenangan atas Bilbao, Barcelona yang mendulang 24 angka berhak menempati posisi tiga klasemen LaLiga 2023-2024.

Pasukan Xavi hanya berjarak 1 poin dengan Real Madrid yang berada di undakan teratas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com