Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bhayangkara Vs Persib, Laga Emosional Putu Gede Usai Kena Sanksi

Kompas.com - 21/09/2023, 18:30 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung bisa memainkan lagi wing back kanannya, I Putu Gede.

Sebelumnya, ia absen panjang karena mendapatkan sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI berupa larangan tampil di lima pertandingan. 

Putu Gede dihukum sebab sikap tak pantasnya melayangkan jari telunjuk ke arah penonton usai diganjar kartu merah di laga Persis Solo vs Persib, 8 Agustus 2023 lalu, di Stadion Manahan.

Hukuman tersebut cukup membuatnya jera. Ini akan menjadi pembelajaran bagi Putu agar tak mengulangi kesalahan yang sama. 

Baca juga: Persib Bandung Vs Persikabo 1973, Putu Gede Belum Bisa Dimainkan

"Untuk saya, sanksi lima kali pertandingan itu baru pertama dalam karier saya dan saya harus belajar dari kesalahan," kata pemain bernomor punggung 4 ini. 

Ia mengaku gatal ketika tak bisa membantu rekan-rekannya berjuang di lapangan mencatat hasil positif. Selama Putu absen, Persib bisa mendulang tiga kemenangan dan dua kali imbang. 

"Sebagai atlet sepak bola pastinya kalau kena sanksi lebih (menyiksa), pasti ingin mainlah, tetapi dengan pengalaman yang ada, pasti saya belajar dari kesalahan," katanya. 

Baca juga: Statistik I Putu Gede Musim ke Musim, Sampai Berlabuh ke Persib

Setelah absen lama, Putu akan comeback pada pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2023-2024. Ia langsung dihadapkan pada laga melawan mantan tim yang dibela musim lalu, Bhayangkara FC. 

Jadwal Bhayangkara FC vs Persib Bandung digelar Sabtu (23/9/2023) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. 

I Putu Gede bek kanan Persib Bandung akan kembali bermain usai disanksi Komdis PSSI. Laga comebacknya langsung menhadapi mantan tim Bhayangkara FC. Laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 Bhayangkara FC vs Persib akan digelar Sabtu (23/9/2023) di Stadion Patriot Candrabhaga.KOMPAS.com/Adil Nursalam I Putu Gede bek kanan Persib Bandung akan kembali bermain usai disanksi Komdis PSSI. Laga comebacknya langsung menhadapi mantan tim Bhayangkara FC. Laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 Bhayangkara FC vs Persib akan digelar Sabtu (23/9/2023) di Stadion Patriot Candrabhaga.

Ini jelas jadi momen emosional bagi bek kanan asal Bali itu. Bagaimana tidak, Putu pernah mengabdi di Bhayangkara FC selama lima tahun lebih sejak musim Liga 1 2017. 

Eks penggawa Timnas Indonesia ini juga pernah mempersembahkan gelar untuk The Guardian ketika masih diarsiteki Simon McMenemy pada 2017 itu. 

Baca juga: Bek Persib Punya Kutukan Baik jika Berlaga saat Ultah

Namun, Putu memastikan dirinya akan profesional membela tim yang ia bela sekarang Persib Bandung. 

Putu berusaha memberikan kemenangan untuk Maung Bandung meski banyak memori indah didapat saat masih berbaju Bhayangkara FC. 

"Kalau saya dulu main di Bhayangkara, sekarang saya main di Persib, pastinya saya bermain dengan profesional di mana pun saya membela tim," kata Putu. 

Kekuatan Bhayangkara FC dinilainya perlu diwaspadai meski lawan sedang dalam tren negatif kini berada di papan bawah klasemen. 

"Bhayangkara pemainnya cepat-cepat. Jadi, semua pemain harus diantisipasi karena siapa pun bisa mencetak gol dan siapa pun bisa bermain bagus di lapangan," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com