Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBPI Terus Bergerak Memperkenalkan Padel Tenis

Kompas.com - 18/09/2023, 07:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Perkumpulan Besar Padel Indonesia (PBPI) bergerak untuk memperkenalkan olahraga padel tenis di Indonesia.

PBPI menginstalasi dua lapangan padel tenis agar masyarakat bisa menjajal langsung olahraga tersebut di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (18/9/2023). 

Sosialisasi padel tenis ini diadakan bertepatan dengan acara FUN RUN Road to Countdown PON 2024 Aceh-Sumatra Utara yang diadakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Baca juga: Hasil Real Madrid Vs Real Sociedad 2-1: Joselu Penentu, Los Blancos ke Puncak Gusur Barcelona

Saat melakukan sosialisasi padel di GBK, PBPI turut mengundang Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Umum KONI Marciano Norman, sejumlah artis Tanah Air, dan beberapa atlet padel.

Satu per satu, para tamu undangan diajak untuk menjajal langsung olahraga yang memadukan tenis dan squash tersebut.

PBPI telah diakui secara sah oleh KONI sebagai induk dari asosiasi cabang olahraga padel tenis di Indonesia sejak 9 Agustus 2023.

Ketua Umum PBPI, Galih Dimuntur Kartasamita, berterima kasih kepada KONI yang telah memberikan atensi besar terhadap padel. 

“Padel ini termasuk olahraga yang perkembangannya paling cepat karena ekshibisinya juga akan digelar di Olimpiade 2024 Paris, maka Indonesia pun harus siap,” jelas Galih Kartasasmita.

“Kami harus (menyosialisasikan) secara agresif, jadi dalam satu tahun ini targetnya adalah ekshibisi di PON,” tutur dia menambahkan.

Galih melanjutkan, syarat agar padel bisa menggelar ekshibisi pada PON 2024 adalah membentuk para pengurus di tingkat provinsi di seluruh Indonesia agar nantinya terlahir para atlet potensial.

Hal itulah yang akan menjadi target jangka pendek Galih dan jajaran pengurus PBPI agar olahraga padel pun semakin akrab di kalangan masyarakat Indonesia.

“Kami harus mendorong komunitas, pengusaha, dan pemain-pemain yang tentunya patriotik. Nantinya, kami akan membangun lapangan-lapangan padel di Indonesia, di berbagai provinsi,” kata Galih.

“Dengan demikian, para pengurus padel di tingkat provinsi juga bisa secara optimal mengurus padel di wilayah mereka masing-masing dan melahirkan atlet-atlet yang tentunya akan mendapatkan dukungan dari kita,” lanjutnya.

Misi PBPI dalam memperkenalkan padel di seantero Indonesia jelas bukanlah misi yang mudah. Diakui Galih bahwa hal tersebut menjadi tantangan bagi dirinya dan para pengurus PBPI.

Meski demikian, ia optimistis padel akan dengan cepat berkembang di Tanah Air dan berharap Indonesia bisa mendominasi cabang olahraga ini di Kawasan Asia Tenggara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com