Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Pelatih Timnas U17 Indonesia

Kompas.com - 23/07/2023, 11:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menunjuk Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih timnas U17 Indonesia

Kepastian pelatih Jerman, Frank Wormuth, menjadi konsultan timnas U17 Indonesia disampaikan melalui laman resmi PSSI pada Minggu (23/7/2023) pagi WIB. 

Erick Thohir mengatakan, Frank Wormuth yang merupakan eks manajer timnas U20 Jerman bakal mendampingi pelatih kepala timnas U17 Indonesia, Bima Sakti. 

Pria dengan lisensi kepelatihan UEFA Pro itu menandatangani kontrak pertama selama empat bulan hingga turnamen Piala Dunia U17 2023. 

Baca juga: Daftar 8 Stadion Usulan PSSI ke FIFA untuk Piala Dunia U17, Ada JIS

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti," kata Erick Thohir. 

"Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kami akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda," ujar Erick. 

Erick Thohir mengatakan, kehadiran Frank Wormuth mampu meningkatkan kualitas dan strategi permainan tim Merah Putih menuju Piala Dunia U17 2023. 

Kapasitas Frank Wormuth dinilai akan menjadi awal untuk membentuk sekaligus mendesain pola dan strategi karakter sepak bola Indonesia pada masa depan. 

Baca juga: PSSI Buka Opsi Kirim Pemain Gagal Seleksi Timnas U17 ke Klub Liga 1

Erick Thohir juga menjelaskan alasan penunjukan Frank Wormuth didasari pada agenda timnas U17 Indonesia yang akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman. 

"Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan dan try out ke Jerman yang dimulai September-Oktober nanti," kata Erick. 

"Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga tim pelatih," tutur Erick menjelaskan. 

Selama empat bulan ke depan, Frank akan melakukan tahapan untuk membangun tim U17 agar siap bersaing dengan 24 negara lain di Piala Dunia U17 2023. 

Mulai dari analisis SWOT untuk membentuk tim kepelatihan dan staf yang solid, mempersiapkan modul-modul kepelatihan, pemaparan hingga implementasi program, serta melakukan pengawasan dan evaluasi atas modul yang dijalankan tim pelatih U17. 

Piala Dunia U17 2023 sejauh ini masih dijadwalkan berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com