Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Ungkap Masalah Rumput JIS yang Tidak Penuhi Standar FIFA

Kompas.com - 04/07/2023, 16:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chairman Karya Rama Prima (KaerPe) Qamal Mustaqim mengungkapkan permasalahan rumput Jakarta International Stadium (JIS). 

Peninjauan JIS dilakukan pada Selasa (4/7/2023). Qamal Mustaqim selaku ahli rumput stadion ikut serta dalam inspeksi arena yang disebut punya peluang menggelar Piala Dunia U17 2023 itu.

"Rumput jenisnya japonica, cuma ditanamn di karpet sintetis. Ini masalahnya. Medianya dangkal jadi akar tidak tembus ke bawah. Rumput itu makhluk hidup butuh sinar dan air," ucapnya di JIS, Selasa (4/7/2023). 

"Air tidak terpenuhi karena akarnya dangkal. Matahari tidak cukup. Ini rumput butuh matahari penuh 8 jam sehari," ucap Qamal. 

"Sementara itu, yang sebelah selatan hanya setengahnya saja dari jam 09.00 sampai 14.00. Ini yang masalah. Jenis rumput sama yang dipakai di Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, dan Gelora Sriwijaya Palembang," katanya. 

Baca juga: Rumput JIS Tak Sesuai Standar FIFA, Pemerintah Cari Solusi

Qamal pun sudah menyampaikan usulan perbaikan kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. 

"Solusi sudah kami usulkan ke menteri, yang bisa dilakukan adalah memindahkan lapangan yang sudah jadi. Salah satunya dari golf kayak Asian Games 2018," ujar dia. 

"Kalau tidak bisa, kami ganti secara sodding jadi kayak tegel. Itu solusi paling dekat karena untuk tiga bulan. Kalau jangka panjang, ganti rumput," ujar Qamal. 

Sementara itu, Menteri Basuki mengungkapkan bahwa perbaikan rumput JIS akan menelan biaya sekitar Rp 6 miliar. 

Baca juga: FIFA Akan Cek JIS untuk Piala Dunia U17

Selain rumput, pemerintah juga akan gotong royong untuk membenani fasilitas lainnya. Mulai dengan memperbaiki akses masuk dan keluar, baik untuk penonton maupun pemain, hingga membuat stasiun sementara. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pun menargetkan perbaikan JIS ini akan memakan waktu selama tiga bulan. 

"Kami lakukan renovasi dan alhamdulillah hari ini mudah-mudahan ada solusi supaya JIS menjadi salah satu stadion yang diusulkan ke FIFA untuk Piala Dunia U17," kata Erick Thohir. 

"Salah satu ya, ini yang kami lakukan. Target JIS rampung dibereskan dalam 3 bulan," ucap Erick Thohir melanjutkan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com