Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSM Ditahan Persik, Tavares Tenang, Siap Arungi Liga 1 2023-2024

Kompas.com - 25/06/2023, 19:31 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSM Makassar baru saja menggelar uji coba melawan Persik Kediri. Hasilnya, Juku Eja ditahan imbang 1-1 dalam duel di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (24/6/2023).

Pertandingan juga diwarnai kegagalan eksekusi penalti pemain baru PSM, Donald Bissa. Tim selamat dari kekalahan berkat gol pemain muda Sulthan Zaky (69’) sehingga skor menjadi 1-1.

Meskipun gagal memetik hasil maksimal pada laga ujicoba itu, pelatih PSM Bernardo Tavares nampak tenang. Apa yang ingin dicapai pada laga ujicoba ini sudah terpenuhi, yakni mengukur kesiapan pemain.

Baca juga: FIFA Matchday Indonesia Vs Palestina-Argentina: Shin Tae-yong Maksimalkan Mesin Panas Pemain PSM

“Target saya memberikan menit bermain untuk beberapa pemain supaya melihat cara mereka bermain dalam pertandingan,” terangnya.

Ia sudah mencoba melakukan rotasi dan hampir semua pemain mendapatkan kesempatan.

Kegagalan memetik hasil maksimal menunjukkan adanya kekurangan dari permainan PSM. Tapi ia memberikan apresiasi karena pemain tampil kompetitif pada pertandingan ini.

Pemain menunjukkan kualitas mental yang baik karena tampil stabil meskipun tertinggal terlebih dahulu dan gagal mencetak gol dari penalti.

Mereka juga penuh semangat dan membuktikan kelayakannya membela tim juara Liga 1 2022-23 tersebut.

Selain itu beberapa di antaranya sukses membuat kesan baru kepada Bernardo Tavares. Salah satunya adalah pemain muda berusia 16 tahun, Sultan Zaky yang berhasil mencetak gol semata wayang PSM.

Sepupu Asnawi Mangkualam tersebut merupakan wonderkid tim berjuluk Juli Eja yang dipromosikan ke tim senior. Pelatih pun senang kepercayaan yang diberikan berhasil dimaksimalkan.

“Sultan Zakir saya pikir dia pemain yang lebih muda dari 17 tahun dan saya pikir dia adalah pencetak gol termuda di tim utama dalam sejarah PSM Makassar,” ucapnya.

Baca juga: Hasil PSM Vs Bali United: Penalti Pluim ke Langit, Serdadu Tridatu ke Liga Champions Asia!

Dengan terpenuhinya semua target dalam uji coba kali ini, Bernardo Tavares lebih siap memimpin PSM menuju kompetisi.

Saat ini PSM akan memasuki masa recovery supaya tampil dengan performa terbaik di Liga 1 2023-2024 yang tinggal menghitung hari

“Untuk latihan adalah hal lainnya, saya pikir untuk latihan cukup bagus. Sekarang kami akan recovery dan mempersiapkan diri untuk awal musim kompetisi,” pungkasnya.

PSM Makassar dijadwalkan akan menghadapi Persija Jakarta pada pekan pekan ke-1 Liga 2023-24 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (2/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com