Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunjukkan Perbaikan, Bos Persib Dukung Ferry Paulus Dirut PT LIB

Kompas.com - 21/06/2023, 21:50 WIB
Adil Nursalam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bos Persib Bandung Teddy Tjahjono memberikan pandangan soal hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru (LIB) 2023 yang digelar Selasa (20/6/2023) di Jakarta. 

Ferry Paulus kembali dipilih sebagai Direktur Utama (Dirut) PT LIB. Kompetisi Liga 1 2023-2024 akan berada dalam kepemimpinannya.

Ia adalah mantan Ketua Umum Persija Jakarta yang mundur karena terpilih sebagai Dirut PT LIB sejak November 2022, demi menghindari konflik kepentingan. 

Menurut Teddy, sosok Ferry Paulus mampu mengemban tugas dengan baik selama menjabat dalam enam bulan terakhir di PT LIB.

Baca juga: Hasil RUPS Tahunan 2023 PT LIB, Wujud Sinergi Bangun Sepak Bola Indonesia Jadi Baik

“Ya kami melihat selama enam bulan terakhir yang bersangkutan bisa berkomunikasi baik dengan semua 18 klub,” kata Teddy.

“Kami sering sekali bertemu dan diskusi untuk membahas liga. Jadi saya sih tidak melihat konflik karena selama ini berjalan dengan netral dan tidak ada konflik kepentingan,” papar Teddy.

Dalam RUPS PT LIB 2023, terdapat sinergi membangun sepak bola Indonesia menjadi lebih baik, wakil ketua umum PSSI Zainudin Amali terlibat didalamnya. 

Zainudin Amali menjabat posisi Komisaris Utama PT LIB, Sadikin Aksa dan Muhamad Lutfi menjadi komisaris. 

Baca juga: Zainudin Amali Jadi Komisaris Utama PT LIB, Ferry Paulus Tetap Dirut

Ferry Paulus nantinya akan dibantu Munafri Arifuddin sebagai direktur dan Asep Saputra sebagai direktur operasional. 

Teddy mengungkapkan bahwa kinerja PT LIB dalam enam bulan terakhir cukup baik karena menunjukkan perbaikan signifikan. 

Direktur Persib Teddy Tjahjono saat melakukan wawancara doorstop terkait langkah Persib Bandung menatap Liga 1 2023-2024.KOMPAS.com/Adil Nursalam Direktur Persib Teddy Tjahjono saat melakukan wawancara doorstop terkait langkah Persib Bandung menatap Liga 1 2023-2024.

Oleh sebab itu Ferry Paulus dipertahankan pada jajaran direksi. Sudjarno yang sebelumnya menjabat direktur operasional mendapatkan penggantinya.

“PT LIB sangat memuaskan dalam enam bulan terakhir, sehingga banyak sekali perbaikan-perbaikan yang sangat signifikan yang dilakukan oleh direksi kemarin,” ungkap Teddy yang kini menjabat Deputi CEO di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

“Makanya atas dasar perbaikan dan kemajuan yang ditunjukkan direksi, maka pemegang saham mengangkat kembali direksi tersebut, Pak Ferry, Pak Munafri, dan Pak Jarno (Sudjarno) digantikan Pak Asep,” terang Teddy.

Baca juga: Tyronne del Pino Tiba dan Langsung Bergabung dengan Persib dalam TC di Yogyakarta

Ke depan, akan terjadi pergantian jajaran komisaris dalam RUPS tahunan PT LIB, aturannya adalah setiap tim juara berhak mencalonkan perwakilan untuk dipilih pada jajaran komisaris.

Seperti sosok Sadikin Aksa yang merupakan Direktur Utama PSM Makassar, tim yang menjuarai Liga 1 musim 2023-2024.

“Untuk jajaran komisaris, disepakati ada tiga komisaris yaitu perwakilan dari PSSI, Pak Zainuddin Amali sebagai Komisaris Utama.”

“Lalu ada satu dari juara Liga 1 (PSM), pokoknya setiap ada juara Liga 1 berhak menominasikan wakil dari klub juara tersebut, jadi setiap tahun akan ganti posisi komisaris yang mewakili klub juara,” paparnya.

“Satu lagi Komisaris independen dan sepakat untuk menunjuk Muhamad Lutfi, bekas Menteri Perdagangan dan bekas Duta Besar Indonesia di Jepang dan Amerika untuk menjadi komisaris independen,” beber Teddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com