Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Argentina, Menanti Garnacho Jadi Starter

Kompas.com - 19/06/2023, 12:14 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia bakal menjamu Argentina dalam agenda FIFA Matchday. Berikut prediksi susunan pemain timnas Indonesia vs Argentina. 

Jadwal timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno bakal berlangsung hari ini, Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB. 

La Albiceleste, julukan timnas Argentina, dipastikan tanpa kehadiran tiga pemain senior yaitu Lionel Messi, Angel Di Mara, dan Nicolas Otamendi. 

Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, mengatakan bahwa ketiga pemain tersebut butuh waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan laga-laga selanjutnya. 

Baca juga: Indonesia Vs Argentina, Lionel Scaloni Puji Teknik Skuad Garuda

"Messi, Di Maria, dan lainnya perlu istirahat. Mereka perlu berlatih untuk laga-laga lainnya, siapa pun pemainnya enjoy saja laga nanti," ucap Scaloni dalam konferensi pers. 

Absensi ketiga pemain berpengalaman itu membuat Lionel Scaloni dipastikan bakal melakukan rotasi dan menurunkan pemain berbeda dari laga melawan Australia sebelumnya di Beijing pada 15 Juni 2023. 

Namun, Scaloni menegaskan bahwa ia melakukan perubahan bukan karena meremahkan Indonesia, melainkan ingin mencoba strategi yang baru. 

"Bahwa pergantian pemain Argentina di laga ini bukan karena Indonesia lemah, tetapi saya ingin coba sesuatu yang baru dan mau bereksperimen," katanya. 

Baca juga: Indonesia Vs Argentina: Apa yang Terjadi Saat Tango Tanpa Messi?

Menurut perkiraan TyC Sports, Alejandro Garnacho bakal mendapatkan kesempatan untuk menggantikan peran Di Maria di timnas Argentina. 

Jika bermain melawan timnas Indonesia, winger Manchester Unted itu tinggal berjarak satu laga resmi lagi guna memastikan dirinya menjadi bagian dari skuad Argentina untuk seterusnya.

Alejandro Garnacho merupakan pemain kelahiran Madrid, Spanyol, pada 1 Juli 2004 dengan ibu dari Argentina dan ayah seorang warga Spanyol. 

Pemain berusia 18 tahun itu secara regulasi belum terikat dengan timnas Argentina.

Ia juga baru bermain satu kali untuk timnas senior Argentina saat melawan Australia di Beijing ketika masuk menggantikan Nico Gonzalez pada menit ke-73. 

Baca juga: Link Live Streaming Indonesia Vs Argentina di FIFA Matchday

Adapun FIFA memiliki regulasi yang mengatakan bahwa seorang pemain dapat bergeser memperkuat negara lain meski sudah turun bagi negara tertentu apabila memenuhi beberapa syarat. 

Pemain bisa mengubah status kewarganegaraannya selama mereka berusia kurang dari 21 tahun saat membela asosiasi asal dan hanya tampil tak lebih dari tiga kali dalam laga internasional termasuk pertandingan kualifikasi, tetapi bukan pada turnamen seperti Piala Asia, Piala Afrika, EURO, Coma America, Piala Emas Concacaf, dan Piala Dunia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com