Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia 2022: Tak Ada Pogba dan Kante, Tchouameni pun Jadi

Kompas.com - 13/12/2022, 21:20 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Aurelien Tchouameni mungkin bukan sorotan utama di Piala Dunia 2022, tetapi gelandang timnas Perancis ini adalah pemain kunci dengan gol pembuka dalam perempat final lawan Inggris.

Pemain berusia 22 tahun itu kemudian membuahkan penalti bagi Inggris akibat pelanggarannya, yang dieksekusi dengan tuntas oleh Harry Kane, tapi Les Bleus pada akhirnya menang 2-1.

Dikutip dari kantor berita AFP pada Selasa (13/12/2022), Tchouameni memegang peranan penting mengingat badai cedera yang melanda skuad asuhan Didier Deschamps jelang turnamen.

Baca juga: Perancis Vs Maroko, Reuni Api Giroud dan Regragui

Perancis ditinggal duo lini tengahnya yang membawa mereka juara Piala Dunia 2018 yaitu Paul Pogba dan N'Golo Kante.

Deschamps lalu menyusun ulang timnya, termasuk meninggalkan eksperimen tiga bek, tetapi keputusannya membangun lini tengah dengan tiga pemain yaitu Tchouameni diapit Adrien Rabiot dan Antoine Griezmann berbuah manis.

"Dia ada di sana untuk melindungi kami, mengisi, menutup celah, dan memenangkan bola kembali," kata Rabiot, yang juga tampil impresif saat Perancis melaju ke semifinal di Qatar.

Tchouameni dkk akan menghadapi Maroko di semifinal pada Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Namun, Tchouameni bukan anak kemarin sore di skuad Sang Ayam Jantan. Dia sudah melakukan debut di kualifikasi melawan Bosnia-Herzegovina pada September 2021.

Hingga laga kontra Inggris di perempat final Piala Dunia 2022, gelandang Real Madrid tersebut telah mengantongi 19 caps dan 2 gol di timnas. Sejak itu dia menjadi pemain inti di timnas Perancis.

Baca juga: Perancis Vs Maroko, Jurus Ayam Jantan Patuk Singa Atlas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com