Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Penampilan Gemilang Muhammad Ridho bersama Bali United

Kompas.com - 26/08/2022, 12:20 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama Kiper senior Muhammad Ridho Djazulie kembali naik setelah tampil impresif pada pertandingan pekan ke-6 Liga 1 2022-2023.

Ia mendapatkan sorotan saat mengantar Bali United menang 3-2 atas Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA), Bandung, Selasa (24/8/2022).

Ridho tampil gemilang sebagai palang pintu terakhir Bali United yang bermain hanya 10 orang untuk keseluruhan babak kedua.

Sang kiper tampil setelah koleganya, Nadeo Argawinata, mendapatkan kartu kuning kedua karena friksi dengan Ricky Kambuaya.

Kiper asal Pekalongan tersebut memang memang kebobolan dua gol setelah turun. Akan tetapi, ia juga melakukan banyak penyelamatan gemilang yang membuat Persib tak bisa mencetak gol lebih banyak lagi.

Baca juga: Persib Vs Bali United: Alasan Spaso Tak Selebrasi Usai Bobol Gawang Maung Bandung

Total ia melakukan enam penyelamatan, salah satunya adalah penalti David da Silva pada menit ke-88.

Atas penampilan heroiknya tersebut, Muhammad Ridho mendapat pujian besar dari semua pihak.

Namun, di balik pujian-pujian tersebut, sang kiper menyimpan sisi lain. Ia mengaku ada sedikit rasa pesimistis sebelum masuk ke paangan.

Ia takut menjadi beban yang justru malah menenggelamkan Bali United.

“Tidak mudah sebenarnya melawan Persib dan juga saya masuk pada menit akhir babak pertama. Sebetulnya, saya agak gugup walau sudah unggul 2-0,” ujar kiper berusia 31 tahun tersebut.

“Saya di antara dua pilihan. Pertama, membuat tim lebih susah dalam artian bikin sial. Kedua, saya bisa membuat perubahan yang berarti positif,” imbuhnya.

Muhammad Ridho pun tidak mau sorot perhatian tertuju padanya saja. Ia merasa semua pemain  menunjukan aksi heroik untuk menundukkan Maung Bandung di kandang mereka sendiri dengan bermain 10 orang.

Baca juga: Persib Vs Bali United: Budiman Bicara soal Kegagalan Penalti DDS yang Meniru Gaya Jorginho

“Mengenai man of the match, sebenarnya seluruh pemain telah berjuang keras daripada saya,” tutur mantan kiper Madura United tersebut.

“Oleh karena itu, mungkin lebih baik seluruh pemain berjuang di lapangan mendapatkan kredit lebih untuk Bali United karena berjuang habis-habisan dengan 10 pemain,” imbuhnya.

Muhammad Ridho hampir bisa dipastikan akan kembali mengawal gawang Bali United untuk menghadapi Persik Kediri pada pekan ke-7 Liga 1 2022-2023, Sabtu (27/8/2022).

Sebab, Nadeo Agrawinata masih absen karena hukuman kartu merah.

Meski demikian, Ridho tetap membumi tak mau terlena dengan pujian dan pencapaian di pekan lalu.

“Melawan Persik semua serahkan pada coach yang bisa melihat di latihan untuk kiper-kiper Bali United termasuk saya dan Raka,” ucap penjaga gawang bernomor punggung 88 ini.

“Semuanya saya dukung, siapapun yang main pasti saya dukung dan siapapun yang di bench saling mendoakan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com