Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SEA Games 2021, Timnas Indonesia Hanya Pernah Dijebol 2 Pemain Timor Leste

Kompas.com - 10/05/2022, 12:20 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Timor Leste pada lanjutan babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Vietnam, Senin (10/5/2022) malam WIB.

Di atas kertas, tim Garuda Muda diunggulkan menang atas Timor Leste besutan Fabio Magrao. Sebab, berdasarkan sejarah pertemuan di berbagai level kompetisi, Indonesia mendominasi dengan kemenangan tanpa pernah tersentuh kekalahan.

Bahkan, sejauh ini hanya ada dua pemain Timor Leste yang pernah menjebol gawang Indonesia.

Pemain pertama yang berhasil menyarangkan bola ke gawang Indonesia adalah Rufino Walter Gama saat pergelaran Piala AFF 2018 silam.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Timor Leste Malam Ini

Golnya cukup dikenang karena tercipta lewat proses cantik dan sempat membuat pendukung Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno terdiam sejenak.

Meski sempat tertinggal, kala itu Indonesia tetap memenangi pertandingan dengan skor 3-1.

Pemain Timnas Indonesia Terens Puhiri berebut bola dengan pemain Timor Leste Paulo Gali Freitas saat ujicoba dalam rangka FIFA Matchday yang berakhir dengan skor 4-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (27/1/2022) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Timnas Indonesia Terens Puhiri berebut bola dengan pemain Timor Leste Paulo Gali Freitas saat ujicoba dalam rangka FIFA Matchday yang berakhir dengan skor 4-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (27/1/2022) malam.

Pemain kedua yang berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia adalah Paulo Gali Freitas. Salah satu pemain muda fenomenal Timor Leste ini berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat FIFA Matchday 27 Januari 2022 lalu.

Penyerang berusia 17 tahun tersebut mencetak gol pada menit ke-35 dan rutin memberikan ancaman kepada lini pertahanan Indonesia.

Namun, permainan atraktif dari Paulo Gali tidak cukup mengalahkan Indonesia. Pertandingan berakhir dengan skor 1-4 untuk keunggulan Indonesia.

Gol tersebut ternyata bukan gol pertama Paulo Gali ke gawang Indonesia. Sebelumnya, pemain Lalenok United itu juga pernah membobol gawang Indonesia, tapi torehannya tercipta di ajang kelompok umur Piala AFF U15 2019 silam.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Timor Leste, Shin Tae-yong Konfirmasi Ada Rotasi

 

Gol Paulo Gali membuat pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Ajang Piala AFF U15 2019 sempat menjadikan nama Paulo Gali diperbincangkan. Ia sempat dituduh melakukan pencurian umur.

Kembali ke SEA Games 2021, nama Rufino Walter Gama dan Paulo Gali tak tertera dalam daftar skuad Timor Leste.

Belum ada informasi pasti mengenai alasan Fabio Magrao tidak memilih Rufino Walter Gama. Padahal, dari segi usia Rufino masih 23 tahun dan masih bisa masuk kategori U23.

Sedangkan Paulo Gali diketahui saat ini sedang menjalani trial bersama klub divisi 4 Spanyol, Antequera CF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com