Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Jaga Asa Juara, Pelatih Persib Kesampingkan Relasi dengan Eks Asisten di Arema

Kompas.com - 25/01/2022, 18:00 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persib Bandung akan berhadapan dengan Persikabo 1973 di pekan ke-21 Liga 1 2021-2022.

Duel yang akan berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (29/1/2022) itu tak ubahnya ajang reuni bagi pelatih kedua kesebelasan.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts, diketahui memiliki hubungan pertemanan yang cukup akrab dengan pelatih Persikabo saat ini, Liestiadi.

Liestiadi pernah menjadi asisten Alberts di Arema. Keduanya pun dianggap sebagai sosok sentral keberhasilan Arema meraih gelar juara Liga Super Indonesia (LSI) musim 2009-2010.

Selain di Arema, Alberts dan Liestiadi pun pernah bekerjasama di Persib, meski tidak secara langsung. Pada 2019 Liestiadi ditunjuk untuk melatih tim satelit Persib, Bandung United yang kala itu berkompetisi di Liga 2.

Baca juga: Sudah Temukan Ritme yang Sesuai, Persib Pede Tatap Sisa Pertandingan Liga 1 2021-2022

Pemilihan Liestiadi sebagai pelatih Bandung United pun tak lepas dari peran Alberts, yang merekomendasikan namanya ke jajaran manajemen Persib.

Alberts mengakui, hingga saat ini dirinya masih menjalin relasi yang cukup dekat dengan Liestiadi.

Pelatih asal Belanda itu juga mengatakan, menaruh respek pada Liestiadi. Akan tetapi dalam pertandingan nanti, profesionalitas tetap harus dijunjung.

"Kami berteman baik sejak beberapa tahun lalu tapi itu tidak masalah. Saya menaruh respek kepadanya sebagai pelatih," kata Alberts kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

"Dan saya respek kepada Persikabo sebagai tim karena punya kualitas yang sangat bagus di penyerangan," kata Alberts lagi.

Baca juga: Persib Masih Berada di Jalur Juara, Umuh Muchtar Tetap Minta Tim Berbenah

Alberts tampaknya sudah mengantongi peta kekuatan Persikabo. Dirinya pun sudah tahu kelemahan tim berjulukan Laskar Padjajaran itu.

"Mereka sangat kuat secara individual tapi tentunya mereka juga memiliki kelemahan," tutur pelatih 67 tahun itu.

Alberts pun optimistis Persib bisa meraih kemenangan atas Persikabo. Tiga poin memang dibutuhkan Maung Bandung untuk mengamankan posisi di papan atas. Sekaligus menjaga kans dalam persaingan perebutan gelar juara.

"Kami harus terus melanjutkan perolehan poin guna membuka peluang menjadi yang terbaik. Itu yang terus kami kerjakan jelang laga melawan Persikabo, karena kami butuh tiga poin," ucap Alberts.

Saat ini Persib berada di posisi ketiga klasemen Liga 1 dengan 40 poin. Klub beralias lain Pangeran Biru itu berselisih tiga poin dari pemuncak klasemen Bhayangkara FC.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com