Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nepal Puji Kesiapan Indonesia Gelar Asian Games 2018

Kompas.com - 31/08/2018, 18:32 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Presiden Komite Olimpiade Nepal, Jeevan Ram Shrestha, menganggap Indonesia telah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018.

Terdapat dua alasan yang membuat Jeevan melontarkan pujiannya untuk Indonesia. Pertama adalah megahnya upacara pembukaan dan pengelolaan fasilitas atlet.

"Saya menghadiri upacara pembukaan dan sangat terpukau. Impresif dan indah. Indonesia juga memiliki wisma atlet yang dikelola dengan baik dan para atlet senang," kata Jeevan dikutip dari BolaSport.com

"Indonesia melakukan tugasnya dengan baik sebagai tuan rumah," ucap Jeevan menambahkan.

Baca juga: Begini Persiapan dari Pihak Kepolisian untuk Penutupan Asian Games 2018

Upacara pembukaan Asian Games 2018 memang mendapatkan banyak pujian dari dalam maupun luar negeri.

Banyak kalangan memuji karena mengetahui persiapan Indonesia hanya dalam waktu dua tahun. Indonesia mendapatkan mandat menjadi tuan rumah pada 2016 setelah Vietnam mengundurkan diri karena alasan finansial.

Pada Asian Games 2018 ini, kontingen Nepal baru meraih satu medali perak hingga hari ke-13, Jumat (31/8/2018). Meskipun begitu, Jeevan menganggap pencapaian ini sudah bagus untuk Nepal.

Baca juga: Asian Games 2018 - Menpora Akan Cairkan Bonus bagi Peraih Medali Pekan Depan Tanpa Pajak

"Kami telah melakukan yang terbaik yang kami bisa dan inilah hasilnya. Asian Games 2018 akan kami jadikan bahan evaluasi untuk pembinaan olahraga berikutnya dan sebagai persiapan ke South Asian Games 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020," ujar Jeevan.

Setelah Asian Games 2018, Nepal akan bersiap menjadi tuan rumah South Asian Games 2019 (ajang olahraga tertinggi di Asia Selatan).

Jeevan kemudian mengungkapkan bahwa persiapan Nepal hingga saat ini adalah fokus untuk pembangunan fasilitas.

"Persiapan kami masih berjalan. Fokus utama adalah infrastruktur karena fasilitas kami banyak yang rusak akibat gempa. Kami berharap semua pihak siap pada waktunya. Tentu kami juga mempersiapkan para atlet untuk bisa meraih prestasi dalam ajang tersebut," ucap Jeevan. (Aprelia Wulansari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com