Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Pelatih, Pacquiao Akui Jalani Latihan Tersulit

Kompas.com - 25/07/2018, 16:15 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

MANILA, KOMPAS.com - Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao, mengungkapkan bahwa masa pelatihan pertamanya bersama pelatih baru, Buboy Fernandez, merupakan masa tersulit.

Pacquiao sendiri memulai latihan pertamanya bersama Fernandes menjelang pertarungan kontra Lucas Matthysse (Argentina) di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, 15 Juli lalu.

Petinju berjulukan "Pac-Man" itu mengakui masa pelatihan untuk persiapan pertarungan dengan Matthysse merupakan masa tersulit baginya.

Baca Juga: Pedrosa Bisa Alami Nasib Seperti Stoner Andai Jadi Pebalap Penguji Honda

"Sejak pertarungan dengan Lucas Matthysse diumumkan, saya dan tim pelatih saya mendirikan kamp. Saya berjanji mendedikasikan diri untuk serius mempersiapkan laga ini," kata Pacquiao yang dikutip BolaSport.com dari BoxingScene.

"Itu adalah kamp pelatihan tersulit yang kami miliki. Saya harus menghilangkan hal-hal yang biasa saya lakukan dalam pertarungan saya sebelumnya," tutur dia.

Bahkan, Pacquiao dilarang untuk bermain bola basket, catur, biliar, hingga dart.

Menurut Fernandez, semua itu bisa menjadi gangguan dalam persiapan pertarungan.

Meski berat, Pacquiao tidak keberatan dengan metode yang diterapkan Fernandez tersebut.

"Saya mematuhi semua pembatasan tersebut sebagai bagian dari perubahan yang saya sendiri telah lakukan untuk tidak mengulang kesalahan pada masa lalu yang merugikan kami, yang bisa saja menang dengan mudah," ujar Pacquiao.

Baca Juga: Top Speed Hingga 350Kpj, Begini Cara Kerja Pengereman Motor MotoGP

"Kamp itu bagus, salah satu yang terbaik yang pernah kami lakukan. Semuanya berjalan baik. Kami sangat fokus dua minggu sebelum pertarungan. Semua orang bekerja sama, berkonsultasi dengan semua orang tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan," kata dia.

Latihan keras yang dilakukan Manny Pacquiao nyatanya membuahkan hasil yang memuaskan.

Pacquiao berhasil menang technical knock out (TKO) atas Lucas Matthysse.

Kemenangan tersebut membuat Manny Pacquiao merebut gelar juara dunia kelas welter versi WBA dari tangan Matthysse. (Samsul Ngarifin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com