Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Perancis Vs Belgia, Data dan Fakta Pertandingan

Kompas.com - 10/07/2018, 06:06 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

Sumber BBC Sport

ST PETERSBURG , KOMPAS.com - Laga pertama babak semifinal Piala Dunia 2018 akan mempertemukan timnas Perancis versus timnas Belgia di Stadion Saint Petersburg, Selasa (10/7/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Pertandingan ini diprediksi akan menjadi arena adu tajam dan kreativitas kapten Belgia, Eden Hazard, dan juga wonderkid Perancis, Kylian Mbappe.

Meskipun baru mencetak dua gol dan dua assist, Eden Hazard adalah tumpuan timnas Belgia untuk bisa mencapai babak semifinal.

Baca juga: Prancis Vs Belgia - Thierry Henry di Pihak Mana ?

Dikutip dari WhoScored, Eden Hazard adalah pemain Belgia dengan nilai rating tertinggi (8.56) selama Piala Dunia 2018.

Hal ini diamini oleh bek Perancis, Raphael Varane. Menurut dia, Perancis harus memberi perhatian khusus kepada Hazard jika ingin memenangi pertandingan.

"Dia (Hazard) punya kualitas dan sangat baik ketika menggiring bola. Kami (Perancis) tidak boleh memberi ruang kepadanya. Kami akan berusaha secara kolektif untuk menghentikan Hazard," kata Varane seperti dikutip dari BBC, Senin (9/7/2018).

Sementara itu, Kylian Mbappe sukses mencuri perhatian publik sepak bola dunia berkat penampilan gemilangnya pada Piala Dunia 2018.

Total Mbappe sudah mencetak tiga gol dari lima laga. Penampilan terbaik Mbappe adalah ketika mencetak dua gol saat Perancis menyingkirkan Argentina di babak 16 besar dengan skor 4-3.

Baca juga: Hajar 3 Tim Amerika Selatan, Prancis Samai Rekor Belanda di Piala Dunia

Menurut gelandang Belgia, Nacher Chadli, Mbappe adalah sebuah fenomena karena tidak banyak orang yang bisa meniru Mbappe dalam usia muda.

"Saya tidak pernah melihat anak muda, memiliki kemampuan seperti Mbappe, kecuali Lionel Messi. Dia punya kualitas, teknik dan kecepatan yang sulit dihentikan." kata Chadli.

Jadwal siaran langsung Perancis vs Belgia: Rabu, 11 Juli 2018, pukul 01.00 WIB, disiarkan di Trans TV, K-Vision, Usee TV

Fakta menarik Perancis vs Belgia:

  • Pertemuan ini menjadi yang ke-74 bagi kedua tim sepanjang sejarah. Belgia lebih unggul dengan meraih 30 kemenangan sementara Perancis 24, 19 laga lainnya berakhir imbang.
  • Ini adalah semifial keenam Perancis di Piala Dunia. Perancis kalah di tiga kesempatan pertama (1958, 1982, dan 1986) dan menang pada dua semifinal terakhir pada 1998 dan 2006.
  • Terakhir kali Belgia mencapai babak semifinal Piala Dunia adalah pada tahun 1986. Saat itu Belgia kalah 2-0 dari Argentina yang keluar sebagai juara.
  • Kecuali adu penalti, Perancis hanya kalah satu kali dari 13 laga fase gugur di Piala Dunia (10 menang, dan dua imbang). Kekalahan Perancis terakhir didapat saat takluk 0-1 dari Jerman pada Piala Dunia 2014.
  • Belgia tidak terkalahkan pada 24 laga terakhir (19 menang dan lima imbang). Belgia berhasil memenangi tujuh laga terakhir.

Komentar pelatih:

Didier Deschamps (Perancis): "Saya memiliki skuad muda dan saat ini mereka bekerja bersama untuk mencapai tujuan (juara). Saat ini kami di semifinal dan saya sangat bangga dengan skuad saya dan juga para staf pelatih."

Roberto Martinez (Belgia): "Kami harus bermain dengan keberanian tinggi. Jika sedikit saja merasa takut maka kemampuan yang kami miliki tidak akan maksimal. Bermain tanpa rasa takut mungkin akan menjadi satu-satunya hal yang membantu kami."

Prediksi susunan pemain:

Perancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N'Golo Kante, Paul Pogba, Blaise Matuidi; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Olivier Giroud

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Yannick Carrasco; Dries Mertens, Romelu Lukaku, Eden Hazard

Prediksi skor:

  • Whoscored: Perancis 2-1 Belgia
  • Football Expert: Perancis 1-2 Belgia
  • Sports Mole: Perancis 2-1 Belgia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com