Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF U-19, Pelatih Vietnam Sayangkan Timnya Harus Kebobolan

Kompas.com - 05/07/2018, 22:12 WIB
Hamzah Arfah,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

GRESIK, KOMPAS.com – Skor besar kembali tercipta dalam gelaran Piala AFF U-19 saat Vietnam berhasil mengatasi Laos dengan skor 4-1 pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Kamis (5/7/2018) sore.

Meski sukses mengemas tiga poin, sekaligus mampu mencetak empat gol ke gawang Laos, pelatih Vietnam U-19 Hoang Anh Tuan merasa tidak puas. Hal itu disebabkan gawang Vietnam U-19 yang dikawal Duang Tung Lam kebobolan.

Dalam laga tersebut, gol kemenangan Vietnam dipersembahkan oleh Tran Danh Trung pada menit ke-25, gol bunuh diri bek Laos Xayasith Singsavang menit ke-38, Dang Van Toi menit ke-45, dan Nguyen Huu Thang menit ke-75.

Sementara itu, Laos berhasil membalas satu gol melalui Kydavone Souvanny jelang pertandingan berakhir.

Baca juga: Piala AFF U-19, Dramatis, Indonesia Balikkan Keadaan atas Filipina

"Saya kurang puas sebab gawang kami kebobolan jelang laga berakhir. Padahal, saya sudah instruksikan kepada para pemain supaya bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya tanpa harus kebobolan," ujar Hoang selepas pertandingan.

Terlebih lagi, menurut Hoang, gol yang tercipta ke gawang anak didiknya itu lebih disebabkan kesalahan mereka sendiri lantaran para pemain Vietnam tidak lagi mampu menjaga konsentrasi jelang laga berakhir.

"Utamanya pada menit akhir babak kedua, para pemain seperti hilang konsentrasi dan itu berhasil dimanfaatkan oleh lawan," ucap dia.

Hoang juga membuka alasan dirinya meminta para pemain Vietnam U-19 bisa mencetak banyak gol ke gawang Laos tanpa kebobolan karena hal itu akan berpengaruh pada agregat gol yang menentukan menuju babak semifinal.

Dari jadwal lanjutan Grup A yang telah dirilis, Vietnam bakal menghadapi Indonesia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018) malam.

Karena itu, ia meminta anak didiknya untuk segera mengalihkan fokus, terlebih Indonesia merupakan salah satu pesaing Vietnam untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Baca juga: Piala AFF U-19, Pelatih Brunei Kecewa Belum Bisa Dapatkan Poin

"Saya ingin para pemain segera fokus pada laga selanjutnya karena lawan Indonesia tidak akan mudah. Meski Indonesia kuat, saya tidak akan instruksikan penjagaan khusus kepada salah seorang pemain sebab mereka kuat secara tim, bukan individu," kata dia.

Dari tiga pertandingan yang sudah dituntaskan di Grup A, Vietnam U-19 telah berhasil mengoleksi tujuh poin.

Hasil dari imbang atas Thailand di pertandingan pertama, kemudian menang atas Filipina (5-0) dan menang atas Laos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com