Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mexican Wave Tak Bersambut Pada Laga Pertama Meksiko

Kompas.com - 18/06/2018, 16:04 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

Laporan Firzie A. Idris dan Herka Yanis Pangaribowo dari Moskow, Rusia

MOSKWA, KOMPAS.com - Mexican Wave sulit dibentuk pada laga pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018). Uniknya, Mexican Wave juga tak laku saat Meksiko menumbangkan Jerman 1-0, tiga hari berselang.

Mexican Wave terjadi apabila sekumpulan orang di tribune penonton berdiri dari tempat duduknya sembari mengangkat tangan dan langsung duduk yang dilanjutkan oleh orang di sebelahnya.

Efeknya akan terlihat seperti suatu gerakan melingkar bak ombak yang mengitari stadion. Gerakan tersebut dinamakan Mexican Wave karena pertama dipopulerkan kepada khalayak sepak bola internasional pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa

Pada partai pembuka Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Arab Saudi, BolaSport.com mengamati sendiri cara Mexican Wave ini dibuat di stadion.

Prosesnya dimulai dengan 1-2 koordinator yang menyemangati satu sektor penonton di sebelah tribune media untuk berdiri dan mengangkat tangan.

Pada medio babak kedua, mereka tampak mengoordinasikan gerakan tersebut dengan beberapa rekannya yang berada sektor sebelah.

Para pemandu sorak ini mencoba sekuat tenaga, dengan berteriak energik, sampai muka mereka terlihat memerah, dan bahkan sampai menaiki kursi wartawan.

Namun, tribune penonton itu tak kunjung bangkit sekeras apap un ia mencoba. Hanya 4-5 orang yang berdiri tanpa disambut oleh suporter lain di sebelahnya.

BolaSport.com mencatat hanya sekali Mexican Wave itu berhasil dibuat dan memutar mengelilingi stadion.

Mexican Wave justru tak laku pada laga yang melibatkan timnas Meksiko sendiri. Tak terlihat lagi para koordinator suporter seperti yang muncul pada hari pembukaan.

Para suporter Meksiko sudah sibuk sendiri dengan nyanyian-nyanyian khas mereka. Menariknya, Viking Thunder Clap asal Islandia memunculkan diri pada pertengahan babak pertama dari tribune penonton di sebelah kiri tempat media bekerja.  

AFP Piala Dunia 2026

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com