Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Robben soal Keputusan Tinggalkan Real Madrid

Kompas.com - 05/12/2017, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Mantan gelandang Real Madrid, Arjen Robben, mengaku sempat tidak menikmati kepindahannya dari klub tersebut ke FC Bayern Muenchen pada 2009.

Robben hengkang dari Real Madrid setelah memperkuat klub tersebut selama dua tahun. Pemain asal Belanda itu awalnya mengaku merasa turun level saat bergabung dengan Bayern lantaran prestasi klub Jerman ketika itu tidak sebanding dengan Real Madrid.

(Baca Juga: Manchester United Parkir Bus? Pep Guardiola Sudah Temukan Obatnya)

"Betul, saya memang sempat merasa pindah ke Bayern sebagai sebuah kemunduran," kata Robben, seperti yang BolaSport.com kutip dari Four Four Two.

"Bayern ketika itu tidak punya prestasi internasional seperti Real Madrid."

Dia menilai status Bayern saat itu tidak sejalan dengan cita-citanya memenangi Liga Champions.

"Tujuan saya adalah bermain di level tertinggi dan memenangi Liga Champions," kata Robben.

"Keputusan tersebut sulit sekali karena Real Madrid adalah salah satu tim terbaik dunia. Saya tidak mungkin kembali ke sana setelah pergi."

(Baca Juga: Sejarah Hari Ini, Selebrasi Akrobatik Renggut Nyawa Pesepak Bola Muda India)

Toh, pada akhirnya Robben punya kontribusi membawa Bayern kembali menjadi salah satu tim Eropa yang layak ditakuti. Bersama Die Roten, sosok yang juga pernah memperkuat Chelsea tersebut memenangi enam trofi Liga Jerman.

Dia juga yang mencetak gol kemenangan Bayern pada final Liga Champions pada 2013 dan meraih treble winners pada tahun yang sama.

"Ternyata karier saya di Bayern berjalan lancar. Saya mendapat kesempatan bekerja sama dengan Louis van Gaal pada musim perdana di Bayern dan itu masa-masa terbaik karier saya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com