Dukungan bagi Coleman agar Tak Mundur dari Timnas Wales - Kompas.com

Dukungan bagi Coleman agar Tak Mundur dari Timnas Wales

Eris Eka Jaya
Kompas.com - 11/10/2017, 12:19 WIB
Pelatih Wales, Chris Coleman, merayakan gol Gareth Bale ke gawang Slovakia pada pertandingan pertama Grup B Piala Eropa 2016, Sabtu (11/6/2016). MEHDI FEDOUACH/AFP Pelatih Wales, Chris Coleman, merayakan gol Gareth Bale ke gawang Slovakia pada pertandingan pertama Grup B Piala Eropa 2016, Sabtu (11/6/2016).

KOMPAS.com - Timnas Wales sudah dipastikan gagal ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Republik Irlandia pada matchday terakhir Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.

Di hadapan pendukungnya sendiri yang memadati Stadion Cardiff City, Senin (9/10/2017) atau Selasa dini hari WIB, Wales harus mengakui keunggulan Irlandia dengan skor 0-1.

Gol semata wayang Irlandia pada laga tersebut dicetak oleh gelandang James McClean pada menit ke-57 melalui sebuah sepakan voli.

Hasil tersebut membuat tim tamu masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia, Rusia 2018 Tanpa Gareth Bale

Adapun sang tuan rumah hanya akan menjadi penonton saat Piala Dunia 2018 digelar di Rusia pada musim panas 2018.

Kegagalan ini membuat masa depan pelatih Chris Coleman dipertanyakan.

Meski belum ada wacana pemecatan, pelatih berusia 47 tahun itu mengaku tengah menimbang rencana untuk mundur.

Hal ini mendapat penolakan dari beberapa pihak, termasuk bek Chris Gunter.

Setelah banyaknya dukungan agar Coleman tetap bertahan, kini giliran bek milik Reading berusia 28 tahun itu yang meminta kepada semua pihak untuk memberikan kesempatan agar sang pelatih dapat kembali dipercaya menangani tim.

"Semua orang di Wales, baik fans maupun pemain, 100 persen ingin melihat dia bertahan. Dia telah menjadi bagian besar dari apa yang telah kami capai dan sosok yang diharapkan dapat membawa kami terus maju," ucap Gunter kepada BBC.

"Jika pihak yang memiliki wewenang memberinya kontrak baru yang bagus dan membuatnya tetap bertahan, Coleman memiliki peluang menjadi pelatih timnas Wales tersukses sepanjang masa," tuturnya.

Selama melatih Wales, Coleman berhasil meloloskan The Dragons untuk kali pertama ke Piala Eropa pada edisi 2016 di Perancis.

Pada ajang tersebut, Wales berhasil menembus babak semifinal sebelum takluk 0-2 dari sang juara, Portugal.

Terakhir kali Wales berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia terjadi pada edisi 1958 di Swedia. Pada saat itu, The Dragons mampu menapak hingga perempat final.

PenulisEris Eka Jaya
EditorEris Eka Jaya
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM