Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti bahwa Kontribusi Suarez Lebih Besar daripada Messi dan Ronaldo

Kompas.com - 12/09/2016, 16:26 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Luis Suarez telah membuktikan dirinya bisa berkontribusi lebih besar daripada rekan setimnya di Barcelona, Lionel Messi, atau bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Hal itu terlihat setelah Barcelona melawan Alaves pada lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (10/9/2016). Laga itu menjadi kali ke-100 Suarez berseragam La Blaugrana, julukan Barcelona.

Dalam 100 laga, Suarez terlibat dalam 131 gol Barcelona. Perinciannya, striker asal Uruguay itu mencetak 88 gol dan 43 assist.

Bandingkan dengan capaian Ronaldo dalam 100 partai pertamanya bersama Real Madrid. Dia cuma terlibat dalam 124 gol, 95 di antaranya berupa gol dari dirinya dan 29 sisanya assist untuk rekan setim.

Bagaimana dengan Messi? Dia justru terlihat inferior ketimbang Ronaldo atau Suarez. Hanya 41 gol Barcelona melibatkan pemain asal Argentina itu.

Berbekal rapor superiornya dalam 100 pertandingan, Suarez pun menerima sanjungan dari eks striker Barcelona asal Perancis, Thierry Henry. Di mata Henry, Suarez adalah pemain nomor 9 terbaik dunia.

Henry mengatakan, "Total 88 gol dan 43 assist dalam 100 laga, orang ini terlibat dalam 131 gol. Di mana Anda bisa menemukan striker seperti ini?"

"Orang-orang selalu menanyakan saya siapa pemain terbaik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Namun, striker terbaik dunia adalah Luis Suarez," ucap dia.

Peluang Suarez untuk menambah gol dan assist terbuka lebar karena kontraknya bersama Barcelona masih berlangsung hingga 30 Juni 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com